PENGARUH REPUTASI MEREK, KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP REPURCHASE INTENTION KOPERASI SERBA USAHA (KSU) APIKRI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PRODUK KERAJINAN KSU APIKRI YOGYAKARTA)

Nida Farida,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi merek, kualitas produk dan word of mouth (WOM) tehadap repurchase intention produk kerajinan Koperasi Serba Usaha (KSU) APIKRI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk Koperasi Serba Usaha (KSU) APIKRI. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 125 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif reputasi merek terhadap repurchase intention produk kerajinan Koperasi Serba Usaha (KSU) APIKRI, (2) terdapat pengaruh positif kualitas produk terhadap repurchase intention produk kerajinan Koperasi Serba Usaha (KSU) APIKRI, (3) terdapat pengaruh positif word of mouth terhadap repurchase intention produk kerajinan Koperasi Serba Usaha (KSU) APIKRI, dan (4) terdapat pengaruh secara bersama-sama reputasi merek, kualitas produk dan word of mouth (WOM) tehadap repurchase intention produk kerajinan Koperasi Serba Usaha (KSU) APIKRI

Keywords


Reputasi Merek, Kualitas Produk; Word of Mouth; Repurchase Intention

Full Text:

PDF

References


Ardhanari, Margaretha. (2008). “Customer Satisfaction Pengaruhnya terhadap Brand Preference dan Repurchase Intention Private Brand”. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol.8 No.2 September 2008.

Dharma, Fitra. (2006). Pengaruh Structural Assurance dan Perceived Reputation terhadap Trust Pengguna Internet di Sistem E-Commerce. Makalah Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang, 23-26 Agustus.

http://www.apikri-craft.org/Diakses pada tanggal 15/04/2017.

Kotler, Philip & Garry Amstrong. (2008). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip & Keller (diterjemahkan oleh Bob Sabrana). (2006). Manajemen pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Mowen, J.C & Minor (2002). Perilaku konsumen. Jilid 2 Edisi 5. Terjemahan dari consumen behavior, 5th Ed. Oleh Dr. Dwi Kartini Yahya, S.E., Spec., Lic.PT. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Putranti, Honorata R. D., Fx. Denny Pradana.(2015). Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Kepuasan Konsumen dan Pengaruh Langsung dan Tak Langsung Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Feb Untag Di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen Vol. 30 No. 1 Januari 2015 ISSN: 0854-1442.

Sanjaya, W., I. K. Rahayu, I Made Wardana. (2016). Penelitian tersebut menguji tentang Pengaruh Kualitas Produk dan Reputasi Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Mie Instan Merek Indomie di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.4: 877-904, ISSN : 2337-3067.

Susanti, A., M. M. Warso, Andi Tri Haryono. (2016). Pengaruh Layanan, Reputation, Preference Intention dan Word of Mouth terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus pada PT. Ntronik Lintas Nusantara, Semarang), Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016.

Tjiptono, Fandy. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.

Zethaml, Britner dan Gremler. (2009). Service Marketing-Integrating Customer Focus Across the Firm. New York: Mc. Graw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v15i1.25073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

        

 

Journal Counter :

Flag Counter

View My Stats

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License