PENGARUH HARGA MINYAK DUNIA DAN UANG KUASI TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI INDONESIA

Fatimah Rahmasari, Politeknik Statistika STIS, Indonesia
Ni Putu Ayu Denisha Kartika Saraswati, Politeknik Statistika STIS, Indonesia
Riski Tommi Mardoni, Politeknik Statistika STIS, Indonesia
Shavira Rachmawati, Politeknik Statistika STIS, Indonesia

Abstract


Peningkatan pertumbuhan ekonomi negara dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya adalah investasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan dalam melakukan investasi adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga minyak dunia dan uang kuasi terhadap IHSG. Metode analisis yang digunakan adalah regresi dengan pendekatan Error Correction Model (ECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode jangka panjang, perubahan nilai harga minyak dunia dan uang kuasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap IHSG. Sementara itu, dalam periode jangka pendek, perubahan nilai harga minyak dunia memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap IHSG sedangkan uang kuasi memiliki pengaruh yang tidak signifikan.

Keywords


Uang Kuasi; Harga Minyak Dunia; Indeks Harga Saham Gabungan; Error Correction Model; Kointegrasi

Full Text:

PDF

References


Agustina & Barus, A. C. (2023). Investasi Safe Haven: Dampak Perang Rusia – Ukraina. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi. 7(3), 2330-2339.

Asmara, T. C., Desmintari, & Juliannisa, I. A. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Indeks Harga Saham Gabungan. Jurnal Indonesia Sosial Sains. 3(5), 822-834.

Darmawan, S., & Haq, M. S. S. (2022). Analisis Pengaruh Makroekonomi, Indeks Saham Global, Harga Emas Dunia dan Harga Minyak Dunia terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Jurnal

Riset Ekonomi dan Bisnis. 15(2),95-107.

Jogiyanto. (2008). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.

Maulino, D. A. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Universitas Gunadarma

Rahyuda, H. (2011). Pengaruh Uang Beredar terhadap Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia Periode 1998:1-2009:12. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. 22(2), 171-180.

Sartika, U. (2017). Pengaruh Inflasi, Tingkat Suku Bunga, Kurs, Harga Minyak Dunia dan Harga Emas Dunia terhadap IHSG dan JII di Bursa Efek Indonesia. Balance: Jurnal Akuntansi dan Bisnis. 2(2), 285-294.

Suseno, S. (2002). UANG: Pengertian, Penciptaan, dan Peranannya dalam Perekonomian. Seri Kebanksentralan No. 1. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan Bank Indonesia.

Yanuar, A. Y. (2013). Dampak Variabel Internal dan Eksternal terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. 1(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v20i2.68693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International