PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KAHOOT! PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI

Nadia Rizka Febrianti, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Joni Susilowibowo, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Pengembangan Asesmen Berbasis Kahoot! Pada Mata Pelajaran  Dasar – Dasar Akuntansi Kelas X Akuntansi dipakai guna mengevaluasi pemahaman peserta didik pada elemen Ruang Lingkup Akuntansi dan Keuangan Lembaga berbantuan teknologi yakni aplikasi Kahoot! pada maksud pembelajaran perusahaan jasa dan dagang berbentuk objektif berbasis kurikulum merdeka, maka dari itu guru bisa dengan mudah memperoleh perolehan penilaian dari peserta didik berbasis kurikulum yang berlaku sekarang yakni kurikulum merdeka. Asesmen berbasis Kahoot! ini dikembangkan memanfaatkan model ADDIE  (Analyzsis Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penguji cobaan diterapkan kepada 34 peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Instrumen penelitian yang dipakai berbentuk lembar telaah, validasi ahli evaluasi, lembar telaah serta validasi ahli grafis, analisis item soal memanfaatkan Anates serta angket pendapat peserta didik. Perolehan validasi ahli evaluasi mendapat skor 87,5% berkriteria sangat layak, serta validasi ahli grafis mendapat skor 94% berkategori sangat layak. Penguji cobaan kepada peserta didik memperoleh respon peserta didik senilai 94% berkriteria sangat dipahami. Maka dari itu bisa diambil simpulan bahwasanya asesmen berbasis Kahoot! yang dikembangkan sangat layak serta memperoleh reaksi yang baik dari siswa.


Keywords


Assessment, Kahoot!, Independent Curriculum, Basics of Accounting

Full Text:

PDF

References


Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre tes dan Post Tes Terhadap Perolehan Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Peserta didik SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Jannah, K., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “Kahoot!” Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Jurusan OTKP Di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 108–121. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p108-121

Langgi, N. R., & Hakim, L. (2021). Pengembangan Aplikasi Mobile “Examination of Sharia” (Exshar) Sebagai Media Evaluasi Layanan Lembaga Keuangan Syariah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 129–137. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p129

Mariati, M. (2021). Tantangan Mengembangkan Kurikulum Mandiri guna Pembelajaran Kampus Mandiri di Perguruan Tinggi Pendidikan. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Sosial Dan Humaniora. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/syntesa.v1i1.405

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330

Syafuri, H. B. (2022). Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Kesetaraan Level Wustho Pada Pondok Pesantren At-Thohariyah Sodong Pandeglang. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS), 1(2), 167–182.

Wardani, N. M. M., Haris, I. A., & Tripalupi, L. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Dan Perolehan Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Peserta didik Kelas X Ak Di Smk N 1 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 263. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20136




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v20i2.64734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International