Intensitas Penggunaan E-wallet pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis: Perspektif Teori TAM dan UTAUT

Siti Khofifah, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Kardiyem Kardiyem, Universitas Negeri Semarang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan persepsi resiko terhadap intensitas penggunaan e-wallet dengan social influence sebagai variabel moderasi pada mahasiswa fakultas ekonomika dan bisnis Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomika dan bisnis Universitas Negeri Semarang angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022 sebanyak 5.209 yang terdiri dari jurusan Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, dan Pendidikan Ekonomi, dan diambil 371 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik proportioned stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas penggunaan e-wallet. 2) Persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas penggunaan e-wallet. 3) Persepsi resiko tidak berpengaruh terhadap intensitas peggunaan e-wallet. 4) Social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas penggunaan e-wallet 5) Social Influence tidak dapat memperkuat pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap intensitas penggunaan e-wallet. 6) Social influence mampu memperlemah pengaruh negatif persepsi resiko terhadap intensitas penggunaan e-wallet.


Keywords


Intensitas Penggunaan E-wallet, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Resiko, Social Influence

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Willy & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) - Alternatif Sructural Equation Modeling (SEM) dalam penelitian bisnis (Dwi Prabantini (ed.); Edisi 1). Penerbit ANDI.

Achiriani, M. P. A., & Hasbi, I. (2021). Pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Perceived Risk, Perceived Cost Terhadap Behavioral Intention Pada

Pengguna Dompet Digital Dana Di Indonesia. E-Proceeding of Management, 8(1), 376388.

Ajzen, I. (2005). Ajzen_2005ii.pdf (pp. 2–19).

Angelina, Chyntia & Raden, A. R. (2020). A Conceptual Study on The Factors Influencing Usage Intention of E-wallets in Java. International Journal of Accounting, Finance and Business (IJAFB), 5(27), 19–29.

Anugerah Ayu Sendari. (2021). Intensitas adalah Keadaan Tingkatan, Pahami Penggunaannya Sehari-Hari. Liputan6.Com.

Ar Rasyid, R., Sunarya, E., & M Ramdan, A. (2020). Analisis Minat Menggunakan Mobile Payment Dengan Pendekatan Technology Accpetance Model Pada Pengguna Link Aja Sukabumi. HIRARKI : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 116–125. https://doi.org/10.30606/hirarki.v2i2.387

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology : A Comparison of Two Theoretical Models. July 2018.

Dwi, R., Islami, N., Kurniati, R. R., Hardati, R. N., Mt, J., Dinoyo, H., Universitas, L., Malang, I., Mt, J., Malang, H., & Rizadwinurislamigmailcom, E. (2022). Pengaruh Customer Perceived Risk Dan Trust Terhadap Minat Beli Marketplace Shopee ( Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Daerah Sebuku ) 11(2), 39–52.

Endrica, A. Y. V., & Sari, R. C. (2021). Pengaruh Performance Expectancy, Social Influence, Literasi Keuangan Digital dan Computer Self Efficacy terhadap Penggunaan E-wallet pada Mahasiswa Akuntansi UNY. Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 9(4), 1–16.

Fadul, F. M. (2019). Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Dan Harga Terhadap Minat Beli E-Toll Card Bank. 4(1), 25–31.

Fahmy, M., & Azhari, M. (2020). Resiko Terhadap Niat Berperilaku Konsumen Dalam Menggunakan Fitur Go-Pay Di Bandung the Influence of Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , and Perceived Risk To Behavioral Intention Consumer on Using Go-Pay Features in Bandung. E-Proceeding of Management, 7(1), 452–459.

Ferghyna, Rachmadi, A., & Herlambang, A. D. (2020). Pengaruh Facilitating Conditions dan Behavioral Intention terhadap Use Behavior pada Pengguna Aplikasi BNI Mobile Banking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(9), 3201–3208. http://j-ptiik.ub.ac.id

Halim Abdul, N. A., Vafaei-Zadeh, A., Hanifah, H., Teoh, A. P., & Nawaser, K. (2022). Understanding the determinants of e-wallet continuance usage intention in Malaysia. Quality and Quantity, 56(5), 3413–3439. https://doi.org/10.1007/s11135-021-01276-7

Hapsari, K. (2015). Kampanye Bank Sentral di Area Kampus (Studi Kasus tentang Strategi Kampanye Bank Indonesia dalam Membentuk Kawasan Less Cash Society melalui Gerakan Nasional Non Tunai di UGM) Kurnia Hapsari, Drs. Widodo Agus Setianto, M.Si. 2014–2015.

Janneth, Z., & Sari, D. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Trust , Perceived Risk , Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Intention to Use pada Layanan Gopay di Kota Bandung Abstrak. 5(2), 273–279.

Kamali, B., Mahdavi, A., & Sotoodehnia, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Ulang E-Wallet pada Generasi Milenial Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Water and Soil, 34(2), 471–483. https://doi.org/10.22067/jsw.v34i2.84512

Khaira, M., Dirgahayu, R. T., & Hidayat, T. (2021). Analisis Penyebab Rendahnya Penggunaan Dompet Elektronik ( E-Wallet ) Berdasarkan Kelompok Umur Di Indonesia. 5(September), 627–640.

Manggalani, U. R. (2022). Indonesia Diprediksi Jadi Pemain Terbesar di Industri E-Wallet dan Paylater Asia Tenggara. Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2022/03/02/055523/mengenal-e-wallet-dan-manfaatnya-untuk-transaksi-online

Prasasti, G. D. (2022). Indonesia Diprediksi Jadi Pemain Terbesar di Industri E-Wallet dan Paylater Asia Tenggara. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/4899152/indonesia-diprediksi-jadi-pemain-terbesar-di-industri-e-wallet-dan-paylater-asia-tenggara

Purwianti, L., & Tio, K. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioural Intention. 17(November 2017), 15–32.

Riek, M., Böhme, R., & Moore, T. (2016). Measuring the Influence of Perceived Cybercrime Risk on Online Service Avoidance. IEEE Transactions on Dependable and Secure Computing, 13(2), 261–273. https://doi.org/10.1109/TDSC.2015.2410795

Rodiah, S. R., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66. https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293 scholar (2). (n.d.).

Singasatia, D., & Melami, M. (2018). Pengaruh Perceived Usefulness (PU) Dan Perceived Ease Of Use (PEOU) Terhadap Attitude Toward Using (ATU) Serta Dampaknya Terhadap Behavioral Intention To Use (BITU) (Study Kasus : Pengguna Sistem Pendaftaran Online Lomba Tingkat (LT) IV Kwartir Daerah Ger. STT Wastukancana.

Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i2.201

Tenk, T. T., Yew, H. C., & Heang, L. T. (2020). E-Wallet Adoption: A Case in Malaysia. International Journal of Research in Commerce and Management Studies, 2(02), 216–233. http://ijrcms.com

To, A. T., & Trinh, T. H. M. (2021). Understanding behavioral intention to use mobile wallets in vietnam: Extending the tam model with trust and enjoyment. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1891661

Umiyati, I., Putri, T. E., & Maya, N. (2021). Social Influence , Usability And Security On The Intensity of DANA e-Wallet Use. 03, 113–130.

Utami, S. S., Kusumawati, B., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Dahlan, A. (2017). Balance Vol. XIV No. 2 | Juli 2017 Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta ). XIV(2).

Venkatesh, V. (2003). Unusual formations of superoxo heptaoxomolybdates from peroxo molybdates. Inorganic Chemistry Communications, 67(3), 95–98. https://doi.org/10.1016/j.inoche.2016.03.015

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., Chan, F. K. Y., Hu, P. J., & Brown, S. A. (2011). UTAUT predictors and the role of context. 527–555. https://doi.org/10.1111/j.1365 2575.2011.00373.x

Violinda, Q., & Khorunnisya, N. V. (2022). Minat Generasi Milenial Menggunakan E Wallet Link Aja: Perspektif Teori Persepsi dan Perilaku. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 181–191. https://doi.org/10.17358/jabm.8.1.181

Ying, Chi & Mohamed, W., & Pakir, I. (2021). Understanding the Factors That Influence Consumer Continuous Intention to Use E-Wallet in Malaysia. Research in Management of Technology and Business, 2(1), 561–576. http://publisher.uthm.edu.my/periodicals/index.php/rmtb




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v20i2.63121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International