Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi

Darwin Bangun, FKIP Unila, Indonesia

Abstract


Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar di Rumah dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Presrasi Belajar Ekonomi Siswa kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pagelaran 2007/2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 168 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 118 orang siswa, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Untuk menguji hipotesis 1, 2 dan 3 digunakan statistik t dengan model korelasi Product moment. Sedangkan untuk menguji hipotesis keempat digunakan statistik F dengan model korelasi ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: (1) ada hubungan persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan prestasi belajar ekonomi siswa, (2) ada hubungan kelengkapan fasilitas belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi. (3) ada hubungan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi, dan (4) ada hubungan persepsi siswa tentang perhatian orang tua, kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi. Hasil perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu 84,94 > 3,94 dengan koefisien determinan (R2 ) sebesar 0,6889 yang berarti 68,89% persepsi siswa tentang perhatian orang tua, kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan penggunaan waktu belajar di rumah mempengaruhi prestasi belajar ekonomi siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International