Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Mahasiswa

Kiromim Baroroh, FE UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) meningkatkan aktivitas mahasiswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata kuliah Dasar-Dasar koperasi, 2) meningkatkan prestasi hasil belajar mahasiswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif pada mata kuliah Dasar-Dasar Koperasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Setting penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomikelas Non reguler semester II, berjumlah 48 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar-Dasar Koperasi. Cara penelitian  dilakukan melalui: 1.perencanaan, 2.implementasi tindakan kelas, 3. pemantauan dan evaluasi, 4.analisis dan refleksi, 5. diagnosis ulang, 6. terapi ulang, dan 7.penyimpulan hasil. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket.Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi metode dan sumber.
Hasil dari penelitian tindakan ini adalah penerapan metode pembelajaran kooperatif terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitasdan prestasi belajar mahasiswa. Rata-rata akktivitas mahasiswa siklus I sebesar 30,0417, kemudian pada siklus II menjadi  33,7500  sehingga terjadi peningkatan rata-rata aktivitas sebesar 3,7083. Pada siklus I rata-rata skor prestasi adalah 57,2917 meningkat menjadi 72,2229 pada siklus II. Sehingga terjadi peningkatan  rata-rata prestasi sebesar 14,9312.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v6i2.581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International