Kepemimpinan Bisnis Indonesia di Era Pasar Bebas

Wahyu Purhantara, STIE Mitra Indonesia Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Dinamika lingkungan bisnis, kepemimpinan, perubahan-perubahan yang mengalir dengan cepat, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, transportasi serta teknologi di bidang manufaktur telah membawa organisasi bisnis menuju kondisi bisnis yang mengacu pada pasar global. Dalam era global, dunia menjadi tanpa batas (unborderless), mobilitas sumber daya menjadi semakin cepat, informasi menjadi instan, organisasi dihadapkan pada berbagai peluang dan sekaligus tantangan yang semakin kompleks. Pada kondisi ini aturan main dalam bisnis juga mengalami revolusi yang sangat cepat. Perubahan telah memunculkan ”the new rule of the game” dan organisasi bisnis dituntut untuk dapat bertindak cepat dan fleksibel demi eksistensi dan perkembangannya di masa yang akan datang.
Perubahan lingkungan berimplikasi pada perubahan strategi organisasi. Selama ini organisasi bisnis bersaing dengan basis produk dan pasar, artinya kepemimpinan produk dan pasar menjadi penentu keunggulan organisasi. Kondisi ini kemudian berubah, di mana dalam upaya untuk menciptakan keunggulan bersaing organisasi fokus pada persaingan dengan basis sumber daya dan kompetensi. Perkembangan ke depan organisasi dituntut untuk dapat bersaing dengan basis talenta dan impian (talent and dream). Singkatnya organisasi harus selalu bersahabat dengan perubahan (in friendship with change), dan berpandangan jauh ke depan agar menjadi pemimpin perubahan itu sendiri.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v7i1.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International