Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Perencanaan Pembelajaran Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Siswanto Siswanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) nilai-nilai karakter dalam Perencanaan Pembelajaran Akuntansi di  SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta, (2) Kualitas Penilalaian dalam Perencanaan  pembelajaran Akuntansi di  SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta, (3) Kualitas Perencanaan Strategi Pembelajaran Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta, (4) Kualitas Perencanaan Metode Pembelajaran Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta . Subjek dalam penelitian ini adalah guru Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berasal dari 20 SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain survei. Populasinya adalah seluruh guru Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampelnya adalah guru yang sudah bersertifikat pendidik.  Sesuai dengan tujuan penelitian, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil Penalitian menunjukkan : (1) Nilai karakter yang dominan muncul dalam Perencanaan pembelajaran Akuntansi adalah Integritas yang terdiri dari nilai Jujur dan Tanggung jawab; (2) Kualitas penilaian dalam perencanaan pembelajaran Akuntansi  menunjukkan kategori yang sangat baik; (3) Kualitas Strategi dalam perencanaan pembelajaran Akuntansi menunjukkan kategori yang sangat baik; (4) Kualitas Metode dalam perencanaan pembelajaran Akuntansi menunjukkan kategori yang sangat baik.

Keywords


Nilai-Nilai Karakter, Perencanaan Pembelajaran, Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Agung, L., & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Ombak.

Ardyantama, & Widodo. (2020). Creativity Skill Proses in Project Based Learning: A Case Study of Distance Learning in Pacitan. Randwick International of Education and Linguistics Science (RIELS) Journal, 1(2).

Ary, C. D., Jacobs, L. C., Sorensen, C. K., & Razavieh, A. (2010). Introduction to Research in Education (8 ed.) (8th ed.). Wadsworth Cengage Learning.

Asif, M., Thomas, G., Awan, M. U., & Muhammad Din, A. (2020). Enhancing student engagement through heterogeneous pedagogical approaches: action research in a university level course in Saudi Arabia. International Journal of Educational Management, 35(1), 1–28. https://doi.org/10.1108/IJEM-10-2019-0375

Deveci, I., & Seikkula-Leino, J. (2018). A review of entrepreneurship education in teacher education. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 15(1), 105–148. https://doi.org/10.32890/mjli2018.15.1.5

Dewi, P., & Primayana, K. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase The Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26

Djabidi, F. (2016). Manajemen Pengelolaan Kelas.

Fathurrohman, M., & Sulistiyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gufron, M. N., & Risnawati, R. (2013). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Pustaka Pelajar.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Kurniatun, E. S., Rachman, M., Masrukhi, M., & ... (2017). DEVELOPING A MODEL OF SN-PT-BASED INTERNAL ACADEMIC QUALITY ASSURANCE SYSTEM IN THE EDUCATIONAL TRAINING INSTITUTION OF THE …. The Journal of …. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jed/article/view/14409

Menchaca, M. P., & Hoffman, E. S. (2009). Planning For Evaluation In Online Learning: University Of Hawaii Case Study. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 6(8), 45–52. https://doi.org/10.19030/tlc.v6i8.1113

Mohr, K. A. J., & Mohr, E. S. (2017). Understanding Generation Z Students to Promote a Contemporary Learning Environment. Journal on Empowering Teaching Excellence, 1(1), 84–94.

Mulyani, E., Muhson, A., Sukidjo, Prilanita, Y. N., & Susilowati, N. (2021). Efektivitas Model Evaluasi Pendidikan Karakter pada Rumpun Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(1). https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.40322

Mulyani, E., Widiastuti, A., & Supriyanto. (2019). Developing a model for evaluating learning outcomes of an entrepreneurship course. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(11), 53–69. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.11.4

Mulyono, M., Sahlan, A., Sholihah, T., & ... (2021). Implementation of the Internal Quality Assurance System at UIN Malang Indonesia. Turkish Journal of …. http://repository.uin-malang.ac.id/8082/

Prilanita, Y. N., & Sukirno. (2017). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Melalui Faktor Pembentuknya. Cakrawala Pendidikan, XXXVI(2), 244–256.

Rizki, A. A. (2010). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan dalam Lingkungan Keluarga pada Siswa Kelas XII Konsentrasi Jasa Boga di SMK Negeri 1 Sewon. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosidatun. (2018). Model Impelmentasi Pendidikan Karakter. Caramedia Communication.

Siemens, L., Althaus, C., & Stange, C. (2013). Balancing students’ privacy concerns while increasing student engagement in e-learning environments. In Cutting-Edge Technologies in Higher Education (Vol. 6, Issue PARTG). Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S2044-9968(2013)000006G014

Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020 Universitas Indraprasta PGRI 123 *). Electronic) Pusat Kajian BK Unindra-IKI, 20(1), 20–27. https://doi.org/10.26539/teraputik.41294

Wijayanti, I. K., & Abadi, A. M. (2019). Analysis of the Difficulty of VIIIth Grade Junior High School Students in Circle Material Reviewed from the Mathematics Connection Ability. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1397/1/012086

Zohar, A., & Dori, Y. J. (2003). Lesson Plans and Situated Learning-and-Teaching (Suchman book review). Journal of the Learning Sciences, 12(2), 145–181. https://doi.org/10.1207/S15327809JLS1202




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v19i1.54704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International