PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Depict Pristine Adi, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 3 pembelajaran ke 1 bermuatan IPS tentang kerja sama Indonesia dengan anggota ASEAN di bidang IPTEK melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Instrumen peneltian menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, dan soal tes materi IPS untuk menentukan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI di MI Darul Huda Umbulsari tahun akademik 2021/2022 sebanyak 25 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1)Penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada materi kerja sama Indonesia dengan anggota ASEAN di bidang IPTEK bagi siswa dengan persentase 63% pada siklus I dan 84% pada siklus II. 2) Penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi kerja sama Indonesia dengan anggota ASEAN di bidang IPTEK bagi siswa dengan persentase 48% pada siklus I dan 76% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI di MI Darul Huda Umbulsari melalui penerapan model pembelajaran discovery laerning terhadap materi IPS tema 4 subtem 3 pembelajaran ke 1 tentang kerja sama Indonesia dnegan anggota ASEAN di bidang IPTEK.

Keywords


hasil belajar IPS, model pembelajaran, discovery learning

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif , dan kontekstual : konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/KTI). Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Ben-Hur, M. (2006). Concept-Rich Mathematics Instruction : Building a Strong Foundation for Reasoning and Problem Solving. Association for Supervision and Curriculum Development. https://eric.ed.gov/?id=ED494296

Faradilawati, A. (2011). Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa SMP Negeri 2 Pageruyung Kabupaten Kendal dengan Menggunakan VCD Pembelajaran dan Metode Kerja Kelompok pada Kehidupan Masa Pra Aksara di Indonesia Kelas VII A Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011. [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/11270/

Gonzaga, M. F., & Samuel, E. B. (2020). Pengaruh Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SDK ST. Yoseph 3 Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Selidik, 1 (2). https://media.neliti.com/media/publications/330963-pengaruh-penelitian-tindakan-kelas-terha-2890a814.pdf

Hidhayah, A. P., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Kelas IV SDN Tingkir Lor 2 Tahun Ajaran 2017/2018. Kalam Cendekia, 6 (3), 21–28. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/11844/8462

Hosnan, M., & Sikumbang, R. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Jacobsen, D. A. (2009). Methods For Teaching: Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK - SMA. Pustaka Pelajar.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas : Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Pers.

Kusmayanti, I., Purbayani, R., & Rahmat, A. S. (2017). Pengaruh Concept-Rich Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Indonesian Journal of Primary Education, 1 (2), 77–82. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/9591/5888

Ratumanan, G. T. (2015). Belajar Dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Pensil Komunika.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matetika UPI. http://library.matematika.fmipa.uny.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1136&keywords=

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik : konsep, landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Prestasi Pustaka.

Tumurun, S. W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Leaning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 101–110. https://doi.org/10.23819/PI.V1I1.2936




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v19i2.52350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International