PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI GURU

Maskartika Rahmatul Laily, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sunaryanto Sunaryanto, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel persepsi tentang profesi guru dan lingkungan sosial terhadap minat mahasiswa pendidikan akuntansi menjadi guru. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 126 mahasiswa/i dari program studi pendidikan akuntansi di Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Surabaya yang didapat dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada calon responden. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan persepsi tentang profesi guru tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru, sedangkan lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru. Hasil tersebut menjelaskan bahwa meskipun persepsi mahasiswa tentang profesi guru baik, hal itu tidak dapat mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru. Berbeda dengan lingkungan sosial, lingkungan sosial mendukung mahasiswa menjadi guru maka hal tersebut akan memperbesar minat mahasiswa berprofesi sebagai guru profesional. Oleh karena itu, lingkungan sosial perlu memberikan dukungan positif kepada mahasiswa terutama selama mereka menempuh proses pendidikan untuk menumbuhkan minat menjadi guru

Keywords


Kata Kunci: Persepsi Tentang Profesi Guru; Lingkungan Sosial; Minat Menjadi Guru

Full Text:

PDF

References


Abror. (1993). Psikologi Pendidikan. Tiara Wacana.

Aini, E. N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 83–96.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior Organizational Behavior and Human Decision Processes. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). The influence of attitudes on behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 173–221.

Anggraini, T. (2020). Determinasi minat mahasiswa akuntansi menjadi akuntan publik (Mahasiswa akuntansi S1 pada universitas swasta di Jakarta Selatan tahun 2020). Ekonomika Dan Manajemen, 9(2), 164–178.

Ardyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.

Bergin, D. A. (2016). Social Influences on Interest. Educational Psychologist, 51(1), 7–22.

Calvo, G. G., Gerdin, G., Philpot, R., & Alcalá, D. H. (2020). Wanting to become PE teachers in Spain: connections between previous experiences and particular beliefs about school physical education and the development of professional teacher identities. Sport, Education and Society, 26(8), 1–14.

Dwi Indrianti, E., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 13–21.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (2011). Predicting and changing Behavior: The Reasoned Action Approach. Taylor & Francis e-Library.

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131.

Frei, A. K., Berweger, S., & Buschor, C. B. (2017). Men considering (and choosing) teaching as a career: what accounts for their decision to become a teacher? European Journal of Teacher Education, 40(4), 535–549.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (P. P. Harto (ed.); 5th ed.). Universitas Diponegoro.

Haryawan, S., Muchtar, B., Syofyan, R., Pendidikan, J., Fakultas, E., & Padang, U. N. (2019). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. Ecogen, 2(3), 218–226.

Humayon, A. A., Raza, S., Khan, R. A., & Ansari, N. ul ain. (2018). Effect of Family Influence, Personal Interest and Economic Considerations on Career Choice amongst Undergraduate Students in Higher Educational Institutions of Vehari, Pakistan. International Journal of Organizational Leadership, 7(2), 129–142.

Karyantini, D. A. (2021). Pengaruh Hasil Belajar Micro Teaching dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Melalui Efikasi Diri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 52–61.

Kilinç, A., Watt, H. M. G., & Richardson, P. W. (2012). Factors Influencing Teaching Choice in Turkey. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 40(3), 199–226.

Lin, E., Shi, Q., Wang, J., Zhang, S., & Hui, L. (2012). Initial motivations for teaching: Comparison between preservice teachers in the United States and China. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 40(3), 227–248.

Masrotin, & Wahjudi, E. (2021). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan ( PLP ) dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 30–41.

Mohamed, S., Haderi, A., & Aziz, A. B. (2015). The Effect of Social Characteristic in the Acceptance and Continue Usage for Information Technology in the Public Sector. International Journal of Business and Social Science, 6(7), 186–192.

Moses, I., Berry, A., Saab, N., & Admiraal, W. (2017). Who wants to become a teacher? Typology of student-teachers’ commitment to teaching. Journal of Education for Teaching, 43(4), 444–457.

Mukminin, A., Rohayati, T., Putra, H. A., Habibi, A., & Aina, M. (2017). The long walk to quality teacher education in Indonesia: EFL student teachers’ motives to become a teacher and policy implications. Elementary Education Online, 16(1), 35–59.

Nani, E. F., & Melati, I. S. (2020). Peran Self Efficacy Dalam Memediasi Motivasi, Persepsi Profesi Guru Dan Gender Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 487–502.

Narwoko, J., Dwi, & Suryanto, B. (2007). Sosiologi: Pengantar dan Terapan. Kencana.

Ningsih, N. T. (2020). Pengaruh Motivasi, Persepsi Tentang Profesi Guru, Lingkungan Keluarga & Lingkungan Sosial Terhadap Minat Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Menjadi Guru. Universitas Negeri Malang.

Oktaviani, T., & Yulianto, A. (2015). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Akuntansi Dan Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Pada Profesi Guru Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 818–832.

Pambudi, B. E. (2018). Analisis Pelaksanaan Praktik Keguruan Mahasiswa Ditinjau dari Aspek Kecerdasan Emosional. Universitas Negeri Malang.

Prastiani, D. A. (2021). Pengaruh Self Efficacy , Persepsi Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi UNESA. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), 6(2), 47–59.

Radar. (2019). Minat Jadi Guru Rendah, Lulusan PT Harus Turun Mengajar. Radar Pekalongan: Spritit Perubahan Warga Pekalongan. https://radarpekalongan.co.id/83889/minat-jadi-guru-rendah-lulusan-pt-harus-turun-mengajar/

Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1).

Santoso, S., & Oetomo, B. S. D. (2017). Pengaruh Karakteristik Psikologis, Sikap Berwirausaha, Dan Norma Subyektif Terhadap Niat Berwirausaha. Jurnal Manajemen, 20(3), 338–352.

Saputra, A. J. (2018). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akan Minat, Motivasi, Pelatihan Profesional, Gender Dan Lingkungan Pekerjaan Terhadap Pilihan Karir Akuntan Publik Dan Non Publik. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 4(2), 126.

Sari, D. R. C. (2018). Pengaruh Pengalaman PPP, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 161–168.

Sari, L. N. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kepribadian Terhadap Minat Menjadi Guru. Universitas Negeri Malang.

Septiara, V. I. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, dan Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP) Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi UNESA. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3), 315–318.

Sholichah, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Dan Efikasi Diri. Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 187–194.

Sitorus, J. M. (2016). Dilema Lulusan Sarjana Pendidikan. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/jhonmiduk/575f3984c423bdef0c3ba427/dilema-lulusan-sarjana-pendidikan

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukendar, Endroyo, B., & Sudarman. (2018). Interest Students to be Productive Teachers Reviewed from Learning Achievement of Building Practices , Learning Achievement of Learning Practices and Learning Motivation. Journal of Vocational Career Education, 3(1), 10–16.

Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono. (2020). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan. Research and Development Journal Of Education, 1(1), 110–116.

Suyanta, Muharram, Mulbar, U., Rauf, B., Agung, M., Genefri, Ponto, H., Sila, I. N., Wahid, A., Parenreng, J. M., Yasdin, Astuti, S. R. D., Sari, A. R. P., & Tyas, R. A. (2020). Educational LPTK , Non-educational LPTK , and Non-LPTK Students ’ Intention to Become Teacher. Universal Journal of Educational Research 8(12):, 8(12), 6675–6683.

Syahrir, Danial, Yulinda, E., & Yusuf, M. (2020). Aplikasi Metode SEM-PLS Dalam Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (L. Daris & A. D. Riana (eds.); 1st ed.). IPB Press.

Tang, S. Y. F., Wong, A. K. Y., Li, D. D. Y., & Cheng, M. M. H. (2020). Millennial generation preservice teachers’ intrinsic motivation to become a teacher, professional learning and professional competence. Teaching and Teacher Education, 96, 103-180.

Traş, Z., & Arslan, E. (2013). An investigation of perceived social support and social self efficacy in adolescents. Elementary Education Online, 12(4), 1133–1140.

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–683.

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Economic Education Analysis Journal. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100–114.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v19i2.49021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International