PENGARUH RELIGIUSITAS, PENDIDIKAN KELUARGA, DAN SOSIALISASI KEUANGAN TERHADAP LITERASI KEUANGAN SYARIAH DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Defa Defana Defiansih, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh religiusitas, pendidikan keluarga, dan sosialisasi keuangan terhadap literasi keuangan syariah dengan kecerdasan intelektual sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi se-Kota Semarang Angkatan 2016 sejumlah 418 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel manggunakan  proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel 204 mahasiswa  berdasarkan rumus slovin tingkat kesalahan 5%. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi moderasi dengan uji selisih mutlak.  Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa religiusitas berada pada kategori sangat tinggi, pendidikan keluarga pada katerogi baik, literasi keuangan syariah, sosialisasi keuangan, dan kecerdasan intelektual pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan syariah, pendidikan keluarga tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan syariah, dan sosialisasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan syariah. Kecerdasan intelektual hanya mampu memperkuat pengaruh sosialisasi keuangan terhadap literasi keuangan syariah.

 

Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of religiosity, family education, and financial socialization on Islamic financial literacy with intelligence quotient as a moderating variable. This study uses a quantitative approach. The population of this study is 418 students who study economics education in Semarang. Sampling techniques use proportional stratified random sampling to 204 students based on the Slovin formula error rate of 5%. Data collection methods use questionnaires. Data analysis techniques use descriptive and regression analysis with absolute discrepancy. The descriptive study showed that Islamic financial literacy, religiosity, financial socialization, and intelligence quotient are higher, while family education is in a suitable category. The results showed that religiosity has a positive and significant impact on islamic financial literacy, familiy education does not affect islamic financial literacy, and financial socialization has a positive and significant effect on Islamic financial literacy. Intelligence quotient only strengthens the impact of financial socialization on Islamic financial literacy.


Keywords


Kecerdasan Intelektual; Literasi Keuangan Syariah; Pendidikan Keluarga; Religiusitas; Sosialisasi Keuangan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sabri. (2005). Strategi Belajar Mengajar: Microteaching. Quantum Teaching.

Anastasi, A., & Urbina, S. (2013). Tes Psikologi Edisi Ketujuh (7th ed., Issue 2006). PT. Indeks.

Anastasi, A., & Urbina, S. (2007). Tes Psikologi Edisi Ketujuh. PT. Indeks.

Anita , Prof . Dr. Said Mohammad , M.A, P. D. A. H. (2014). PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(3), 21–29.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action. Prentice Hall.

Dewanty, N., & Isbanah, Y. (2018). Determinants of the Financial Literacy : Case Study on Career Woman in Indonesia. 17(2), 285–296.

Djamaludin Ancok, F. N. S. (2015). Psikologi Islami. Pustaka Pelajar.

Eliza, A. (2018). LITERASI KEUANGAN ISLAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (STUDI PADA DOSEN DAN KARYAWAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

FITRIANI, A. ST. (2017). PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, TEMAN SEBAYA DAN PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI MAKASSAR. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR.

HERD, P., HOLDEN, K., & SU, Y. T. (2012). The Links between Early-Life Cognition and Schooling and Late-Life Financial Knowledge. 46(3), 411–435. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2012.01235.x

Islamic Corporation For The Development Of The Private Sector (ICD). (2019). Islamic Finance Development Report-2019: Shifting Dynamics. In Icd-Rfinitif.

Karodoyo, Hadi, S., & Nurkhin, A. (2018). PROGRAM PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH BAGI GURU TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN ( TPQ ) DI KOTA SEMARANG. 24(2), 655–660.

Lutfi, A. A. (2018). PENGARUH PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN DI KELUARGA DAN PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP LITERASI KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN SURAKARTA TAHUN ANGKATAN 2015-2016. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Maria, L. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN, AGEN SOSIALISASI, DAN MONEY ATTITUDE TERHADAP LITERASI KEUANGAN DAN DAMPAKNYA PADA INKLUSI KEUANGAN UMKM DI BANDUNG. 146.

Meiati, E., & Jayanto, P. Y. (2019). Pengaruh Religiusitas, Lingkungan Sosial, Pengalaman Kerja, dan Tingkat Pendidikan terhadap Literasi Keuangan Syariah Karyawan Perbankan Syariah di Purwokerto.

Nurrahman, A. (2019). IFDI: Peringkat Industri Keuangan Syariah Indonesia Meroket Ke Peringkat Empat. https://knks.go.id/berita/186/ifdi-peringkat-industri-keuangan-syariah-indonesia-meroket-ke-peringkat-empat?category=1

Peraturan Presiden Tentang Komite Nasional Keuangan Syariah, Pub. L. No. Nomor 91 Tahun 2016 (2016).

Pujaningrum, S., & Nurkhin, A. (2018). PENGARUH KEBIASAAN PENGELUARAN DAN KEPUASAN FINANSIAL TERHADAP LITERASI KEUANGAN SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. In Economic Education Analysis Journal. Universitas Negeri Semarang.

Rahim, S. H. A., Rashid, R. A., & Hamed, A. B. (2016). Factor Analysis of Islamic Financial Literacy and Its Determinants : A Pilot Study. International Soft Science Conference, 413–418.

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan Edisi 3. (R. Oktafiani, Ed.) (3rd ed.). Salemba Humanika.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories an Educational Perspective Edisi Enam. (E. Setyowati, Ed.) (Enam). Pustaka Pelajar.

Schunk, Dale H. (2012). LEARNING THEORIES An Educational Perspective. In E. Setyowati (Ed.), Pustaka Pelajar (keenam). Pustaka Pelajar.

Setiawati, M. (2016). PENGARUH KECERDASAN, PENGETAHUAN EKONOMI DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP LITERASI KEUANGAN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI SEKOTA MADIUN. UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

Slameto. (2010). Belajar dari Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Wibowo, Y. R., & Nurkhin, A. (2018). PERAN RELIGIUSITAS DALAM MEMEDIASI PENDIDIKAN KELUARGA DAN SOSIALISASI KEUANGAN TERHADAP LITERASI KEUANGAN SYARIAH. In Economic Education Analysis Journal. Universitas Negeri Semarang.

Widarni, W., & Chairil, A. (2019). Pengaruh Gender, Agen Sosialisasi Keuangan, Pengalaman Keuangan, dan Sikap pada Uang Terhadap Finansial Literasi Mahasiswa Universitas Bengkulu. Universitas Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.33146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International