IMPLEMENTASI NILAI KEWIRAUSAHAAN JENJANG SEKOLAH DASAR PADA SEKOLAH MITRA STKIP MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG DI KECAMATAN GABEK KOTA PANGKALPINANG

Diana Pramesti, STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Adevia Indah Kusuma, STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai kewirausahaan jenjang sekolah dasar. Subjek penelitian adalah sekolah mitra STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung yang berjumlah 5 sekolah dasar di kecamatan Gabek, Pangkalpinang. Setiap sekolah diambil 9 orang responden terdiri atas 5 orang siswa, 1 Kepala Sekolah, 1 guru kelas, 1 pembina ekstrakurikuler dan 1 orang bagian kurikulum. Teknik analisis datanya menggunakan langkah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai mandiri, nilai berani mengambil resiko dan nilai kreatif dengan skor tertinggi berturut 74,17%, 74,56% dan 85% pada SD Negeri 10. Skor tertinggi  untuk nilai kerja keras terlihat pada SD Negeri 6, dan skor berorientasi tindakan tertinggi 84,16% pada SD Negeri 62. Nilai kepemimpinan tertinggi dengan skor 80,83% pada SD Negeri 22. Kesimpulannya adalah nilai-nilai kewirausahaan telah terimplementasi secara baik di beberapa sekolah meskipun belum membuat program terkait penanaman nilai kewirausahaan secara khusus. 

 

Abstract: This research is a qualitative descriptive study. The purpose of this study was to determine the implementation of entrepreneurship values at the elementary school level. The subjects of the study were the partner schools of STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, amounting to 5 elementary schools in Gabek sub-district, Pangkalpinang. Each school was taken nine respondents consisting of 5 students, 1 School Principal, 1 class teacher, one extracurricular coach and one curriculum section person. The data analysis technique uses the steps of data reduction; data display and concluding / verification. The results showed that the implementation of the independent value, the value of risk-taking and artistic value with the highest scores respectively 74.17%, 74.56% and 85% in the 10th Elementary School. The highest score for the hard work value was seen in the 6th Elementary School and the score action-oriented highest 84.16% in the 62nd Elementary School. The highest leadership value with a score of 80.83% in 22th Elementary School. The conclusion is that entrepreneurial values have been implemented well in several schools, even though they have not made programs related to the inculcation of entrepreneurial values specifically.


Keywords


Implementasi Nilai; Kewirausahaan; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., Samawi, A., Arafiq, M. & Hidayah, L. (2014). Model Pendidikan Karakter yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD. Sekolah Dasar, Vol 23(2), 139-151.Retrieved from file:///C:/Users/AZZURA/Downloads/6778-7410-1-SM.pdf.

Badan Penelitian dan Pengembangan Riset Kurikulum.2009. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Deveci, I. & Leino, J.S. (2018). A Review of Entrepreneurship Education in Teacher Education. Malaysian Journal of Learning and InstructionVol 15(1), 105-148. Retrieved from: http://mjli.uum.edu.my/images/vol15New/BAB5-AREVIEW-OF-ENTREPRENEURSHIP-EDUCATIONI-IN-TEACHER-EDUCATION.pdf

Dewi, L.,Yani, A., & Suhardini, A.D. (2015). Model Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan Berbasis Etnopedagogis di Sekolah Dasar Kampung Cikondang. Mimbar, Vol.31(2), 399-408. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/7554-ID-model-pendidikan-karakter-dan-kewirausahaan-berbasis-etnopedagogis-di-sekolah-da.pdf.

Heilbrunn, S. (2010). Advancing Entrepreneurship in An Elementary School: A Case Study. International Education Studies Vol 3(2). Retrieved from: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1066052.pdf

Kusuma, A.I. (2017). Strategi Manajemen Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal JPSD Vol 4(1). DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd

Rizki, A.A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan dalam Lingkungan Keluarga pada Siswa Kelas XII Konsentrasi Jasa Boga di SMK Negeri 1 Sewon. Skripsi. Retrieved from: https://eprints.uny.ac.id/51101/1/Skripsi.pdf

Sabiki, A.(2018). Pendidikan Kewirausahaan pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Smart Cendekia Karanganom Kabupaten Klaten Tahun 2018. Tesis. Retrieved from: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1892/1/ANTON%20SABIKI.pdf

Siwiyanti, L. & Uswatun, D.A. (2016). Membangun Pendidikan Kewirausahaan melalui Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pedagogik Vol. I(2),58-70. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/316994226.

Suryana. 2014. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Empat.

Usman, Husaini, dkk. 2010. Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Wagiran. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Widoyoko,S Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v17i1.29256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International