MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI MELALUI PERMAINAN KRIPTOGRAFI (CRYPTOGAME)

Najib Mubarok, Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung, Indonesia

Abstract


Abstrak: Konsep fungsi merupakan salah satu materi abstrak matematika yang sangat penting dalam mata kuliah Matematika Ekonomi. Pembelajaran materi fungsi perlu disusun agar tidak deduktif, jauh dari unsur doktrinasi, serta bersifat konkret. Tulisan ini bertujuan untuk menyusun aktifitas pembelajaran materi fungsi melalui permainan pengiriman pesan rahasia menggunakan algoritma kriptografi sandi Caesar. Lebih lanjut, tulisan ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kriptografi tersebut dalam meningkatkan pemahaman konseptual materi fungsi terhadap mahasiswa ES semester II STAINU Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dari hasil uji perbandingan Mann Whitney-U, didapatkan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,039. Dengan demikian, terbukti bahwa permainan kriptografi memberikan dampak positif dalam memahami konsep fungsi.
Abstract: Concept of function is one of the most critical abstract mathematical material in the Economics Mathematics course. Learning processes of function concept need to be arranged to make it not deductive, far from the elements of doctrine, and are concrete. This paper aims to arrange learning activities of the function concept through secret message delivery games using Caesar cryptographic algorithms. Moreover, this paper also aims to determine the effect of the cryptographic game in increasing conceptual understanding of functional material for the second semester ES students of STAINU Temanggung. The method used in this research was quasi-experimental. From the results of the Mann Whitney-U comparison test, the value of Asymp. Sig (2 tailed) is 0.039. Thus, it is proved that cryptographic games have a positive impact on understanding the concept of function.

Keywords


Pembelajaran Fungsi; Permainan Kriptografi; Sandi Caesar

Full Text:

PDF

References


Dafid. 2006. “Kriptografi Kunci Simetris Dengan Menggunakan Algoritma Crypton.” STMIK MDP Palembang 2(3):20–27.

Fajar, Eddo. 2013. “Studi Enkripsi Dan Kriptanalisis Terhadap ENigma.” STEI ITB2 1:1–7.

Gravetter, Frederick J. and Lori-Ann B. Forzano. 2018. Research Methods for the Behavioral Sciences. Cengage Learning.

Hendrawati, Elly Dwiana. 2018. “Penggunaan Media Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Pengembangan Karakter

Siswa Di SMP Negeri 24 Surakarta.” Naskah Publikasi Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ibrahim. 2012. “Pembelajaran Matematika Dengan ICT Sebagai Sarana Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Menuju Pembangunan Karakter Bangsa.” Jurnal Fourier 1(2):47–51.

Mulyo Budi(Universitas Stikubang Semarang). 2009. “ANALISIS PERMINTAAN RUMAH SEDERHANA DI KOTA SEMARANG.” Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE) 16(2):126–39.

Paar, C., & Pelzl, J. 2009. Cryptography, Understanding. Second Edi. Germany: Springer.

Pradipta, Anjar. 2016. “Implementasi Metode Caesar Chiper Alphabet Majemuk Dalam Kriptografi Untuk Pengamanan Informasi.” Indonesian Journal of Networking and Security 5(3):3–6.

Ratih. 2013. “Studi Dan Perbandingan Penggunaan Kriptografi Kunci Simetri Dan Asimetri Pada Telepon Selular Ratih – NIM: 13503016.” STEI ITB 1:1–8.

Schneier, Bruce. 1996. “Applied Cryptography-Protocols, Algorithms, and Source Code in C.”

Setyawarno, Didik. 2016. Panduan Statistik Terapan Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: FMIPA UNY Yogyakarta.

Sheskin, David J. 2003. Handbook of Parametric and Nonparametric Statistical Procedures. crc Press.

Soviawati, Evi. 2011. “Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal UPI (2):79–85.

Sugiyono. 2015. Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: ALFABETA.

Tampubolon, Budiman and Mastar Asran. 2017. “Pengaruh Media Konkret Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 15 Sempalai Tebas.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 6(7).

Tayeb, Thamrin and Nurkholisah Latuconsina. 2016. “Efektifitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Ma’rang Kabupaten Pangkep.” Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (MaPan) 4:172–85.

Twindania Namiesyva. 2014. “Kriptografi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Studi Matematika Tingkat Sekolah.” ITB 1:1–12.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v16i2.25381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International