PENGARUH DIMENSI EKTERNAL PERSEPSI TERHADAP MUTU LAYANAN DI FK UNIVERSITAS LAMPUNG

siti juriah, Universitas Lampung, Indonesia, Indonesia

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi eksternal persepsi yang meliputi: peralatan untuk pelayanan, warna dari obyek-obyek pelayanan, keunikan atau kekontrasan stimulus, gaya individu dalam menarik perhatian, dan motion atau gerakan pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap mutu layanan di FK Universitas Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional teknik kuesioner yang diberikan kepada 91 sampel dari populasi sebanyak 771 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling sebanyak 10% untuk masing-masing angkatan. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistik inverensial dengan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peralatan untuk pelayanan, warna dari obyek-obyek pelayanan, keunikan atau kekontrasan stimulus, gaya individu dalam menarik perhatian, dan motion atau gerakan pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap mutu layanan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Abstract:The purpose of this study is to decide the effect of external dimensions of perception which include: service equipment, the color of service objects, uniqueness or contrast of stimulus, personal style of attracting attention, and motion or service movements both partially and simultaneously to service quality at the FK, University of Lampung. This type of research is a correlation research technique questionnaire given to 91 samples from a population of 771 students of the Faculty of Medicine, University of Lampung. Sampling uses a proportional stratified random sampling technique of 10% for each class. Data were analyzed using inferential statistical methods with linear regression. The results showed that there was a significant influence between the equipment for service, the colour of service objects, the uniqueness or contrast of stimulus, the personal style of attracting attention, and the motion or movement of service both partially and simultaneously to the quality of service in FK Lampung University.


Keywords


Peralatan; Warna; Keunikan; Gaya Individu; Motion; Mutu Layanan

Full Text:

PDF

References


Astuti, Wiji. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Mardi Waluyo (RSMW), Kota Metro. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Lampung

Arikunto, Suharsini. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Azrul. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Sinar Harapan

Azzahy, Ghana Syakira. (2008). Tentang Persepsi. On-Line: http://syakira-blog.blogspot.com/2008/11/tentang-persepsi.html diakses tanggal 5 Februari 2018

Gunadi. 2017 Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening Antara Kompetensi Pegawai Dan Budaya Kerja Terhadap Kepuasan Mitra Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Dan Pelabuhan Bebas Batam. Hasil Penelitian. Batam: FE Universitas Batam.

Ikhsan, Khairul. (2012). Konsep Persepsi. On-line: http://khairuliksan.blogspot.com/2012/11/konsep-persepsi_19.html Diakses tanggal 3 Februari 2018

Mar’at, (1991). Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nawawi, Hadari. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Purwanto, M. Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratnamiasih, Ina, dkk. (2012). Kepemimpinan, Pengendalian Organisasi, dan Keamanan Kerja serta Dampaknya Pada Kualitas Pelayanan Rumah Sakit di Bandung. On-line: https://www.researchgate.net/publication/ diakses tanggal 1 Juli 2018

Robbins, Stephen P. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: Index

Saraswati, A.B., Hamid dan Topowijono. (2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Karyawan Dan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Eco Green Park, Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 23 No. 2 Juni 2015

Sobur, Alex. (2010). Psikologi Umum. Yogyakarta; Pustaka Setia

Suparyanto, (2011). Konsep Persepsi. On-line: http://dr-suparyanto.blogspot.com/2011/07/konsep-persepsi.html

Thomas, M. (2013). Principles and Practice of Heterogeneous Catalysis, VCH, Weinheim. On-line: https://onlinelibrary.wiley.com diakses tanggal 6 Februari 2018

Walgito, Bimo, (2003). Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta : ANDI.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v16i1.24122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International