PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI TERHADAP PERILAKU ANTI KORUPSI

Eko Siam Muwardi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ali Muhson,

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap efikasi diri, pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi, pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi, pengaruh efikasi diri terhadap perilaku anti korupsi, pengaruh prestasi belajar ekonomi terhadap perilaku anti korupsi dan  pengaruh lingkungan keluarga terhadap perilaku anti korupsi pada siswa SMAN 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif teknik analisis jalur (path analisis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Efikasi diri tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku anti korupsi. Prestasi belajar ekonomi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku anti korupsi. Lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku anti korupsi.

Abstract: This study aims to find out: the effect of the family environment on the self-efficacy, the effect of the family environment on the economics learning achievement, the effect of the self-efficacy on the economics learning achievement, the effect of the self-efficacy on the anti-corruption behaviour, the effect of the economics learning achievement on the anti-corruption behaviour, and the effect of the family environment on the anti-corruption behaviour among students of SMAN 1 Karanganyar, Kebumen Regency. This research was an ex post facto study using the quantitative approach. The data were collected using questionnaires and documentation and were analyzed using the path analysis technique. The results of the study are as follows. The family environment variable has a significant positive effect on the self-efficacy and on the economics learning achievement. The self-efficacy variable does not have an effect on the economics learning achievement. The self-efficacy variable has a significant positive effect on the anti-corruption behavior. The economics learning achievement does not have an effect on the anti-corruption behavior. The family environment variable has a significant positive effect on the anti-corruption behavior.


Keywords


Lingkungan Keluarga; Efikasi Diri; Prestasi Belajar Ekonomi; Perilaku Anti Korupsi

Full Text:

PDF

References


Aziz, S. (2015). Pendidikan Keluarga. Yogyakarta: Gava Media.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company.

Haris, R. (2016). Pengaruh Efikasi diri dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016.UNS.Skripsi.Tidak diterbitkan.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan No 24 Tahun 2016, Tentang KI dan KD Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2011). Pendidikan Anti Korupsi Untuk Perguruan Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Edisi Keenam Jilid 2. Alih bahasa: Amitya Kumara. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Purwanti, A. (2011). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Persepsi atas Lingkungan, dan Prestasi Belajar Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi. Jurnal Ekonomi Bisnis,TH.16. No. 1, Diakses tanggal 23 Maret 2018 dari http://fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/2-Ana-Purwati.pdf

Purwanto, A. (2014). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus II Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi.Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Rekapitulasi Tindak Pidana Korupsi. (31 Desember 2017) Diakses tanggal 9 Febuari 2018 dari https://acch.kpk.go.id/id/statistik/tindak-pidana-korupsi

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya (Rev. ed). Jakarta: Rineka Cipta.

Subdirektorat Statistik Politik dan Keamanan. (2017).Indeks Perilaku anti Korupsi (IPAK) 2017.Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Utami, M. N., Hasanah. & Tarma. (2016). Pengaruh Pendidikan Karakter Anti Korupsi dalam Keluarga terhadap Perilaku Korupsi pada Remaja. Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. FT UNJ. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan [JKKP] Vol.03 No.01.

Widanarti, N. & Indati, A. (2002). Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Self Efficacy pada Remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. UGM. Jurnal Psikologi No 2 112 – 123 Diakses tanggal 23 Maret 2018 dari https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7019

Yana, N.&Nurjanah, N. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciledug Kabupaten Cirebon. Edunomic Volume 2 No 1 Tahun 2014




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v16i1.23572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International