PENGARUH MOTIVASI BELAJAR EKONOMI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X

Neni Afriul Karimah, STKIP PGRI Tulungagung, Indonesia
Sunanik Sunanik, STKIP PGRI Tulungagung, Indonesia

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar ekonomi terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Kampak tahun pelajaran 2017/2018, (2) mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya  terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Kampak tahun pelajaran 2017/2018, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar ekonomi dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Kampak tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampak yang berjumlah 185 siswa. Sampel diambil 40% dari populasi yaitu sebanyak 74 siswa. Teknik pengambilan sampling dilakukan dengan Proporsional random sampling. Dengan demikian penelitian ini disimpulkan “ada pengaruh signifikan antara motivasi belajar ekonomi dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi”. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk masukan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi.

Abstract: This research aims to (1) identify whether or not the influence of Economic learning motivation toward learning results in Economic subject in grade X students in SMAN 1 Kampak 2017/2018 exists, (2) identify whether or not the influence of peer environment toward learning results in Economic subject in grade X students in SMAN 1 Kampak 2017/2018 exists, (3) identify whether or not Economic learning motivation and peer environment toward learning results in Economic subject in grade X students in SMAN 1 Kampak 2017/2018 exist. The population of this research is all grade X students in SMAN 1 Kampak. 185 students become the population of this research. The sample of this research is 40% of the population. 74 students become the sample of this research. Proportional random sampling is used as a sampling technique for this research. Therefore, it can be concluded that there is a significant influence between Economic learning motivation and peer environment toward students’ learning results. The results of this research can then be used as a consideration to advance the students’ learning results in Economic subject.      


Keywords


Motivasi Belajar; Lingkungan Teman Sebaya; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta

Damayanti, D. S. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-A. Influence Of Motivation To Learn And Family Environment Of Learning Math Class Viii-A. (Vol 3(2), pp 101–112).

Dewi, R. S. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi KELAS XI IPS DI SMA Negeri 14 Semarang.

Djaali H. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Furqon, K. A. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Kelas X, XI Dan XII Teknik Komputer Jaringan Di Smk Hayam Wuruk Singosari Malang.

Habsari Sri. (2005). Bimbingan dan Konseling SMA Untuk Kelas Xl

Julianty, R. (2014). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pengolahan Dan Penyajian Makanan Indonesia Pada Siswa SMK, 1–8.

Maheni, N. P. K. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 10 No.

Mutmainah, M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sejarah Keudayaan Islam (SKI) Di MTS N 19 Jakarta.

Rahayu, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2016/2017.

Riduwan.(2010). Metode & Teknik Menyusun Tesis.Bandung: Alfabeta

Sani A. Ridwan. (2013). Inovasi Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara

Wekke S. Ismail. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah.Yogyakarta: Depublish

Yuli, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016, 2016.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v15i2.20949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International