Optimalisasi kinerja teaching staff menuju akreditasi internasional di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu

Rahmi Yuristia, Universitas Bengkulu, Indonesia
Priyono Prawito, Universitas Bengkulu, Indonesia
UlNurmeiliasari fah Nurmeiliasari, Universitas Bengkulu, Indonesia
Fahrurrozi Fahrurrozi, Universitas Bengkulu, Indonesia
Mukti D Wilopo, Universitas Bengkulu, Indonesia
Agung H Lukman, Universitas Bengkulu, Indonesia
Ulfah Anis, Universitas Bengkulu, Indonesia
Ayub Sugara, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu didorong untuk menyiapkan berbagai keperluan dokumen yang nantinya akan dievaluasi dalam proses akreditasi internasional tersebut. Adapun jumlah program studi yang diikutsertakan pada proses akreditasi ini berjumlah 11 dari 12 program studi yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian baik program sarjana, magister, dan doktor, dengan satu program studi tidak diikutsertakan karena belum mencapai usia satu tahun sejak didirikan. Asesmen kinerja staf pengajar Fakultas Pertanian dalam hal publikasi hasil penelitian menjadi salah satu aspek yang dapat memberikan input bagi penilaian akreditasi tersebut. Produktivitas tenaga pengajar dalam publikasi ilmiah didorong oleh beberapa faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal, misalnya motivasi, keaktifan, beban kerja, insentif, dan alokasi pendanaan penelitian dan publikasi. Sehingga, upaya institusi dalam mendorong kinerja dosen untuk publikasi karya ilmiah menjadi aspek yang cukup vital. Berdasarkan uraian di atas, publikasi ilmiah dosen dan upaya institusi dalam mendorong produktivitasnya tersebut sangat penting dalam rangka menunjang persiapan akreditasi internasional bagi institusi perguruan tinggi. Sehingga, asesmen kinerja dosen dalam publikasi ilmiah dan upaya Fakultas Pertanian dalam mengoptimalkan publikasi penelitian staf pengajarnya ini sangat relevan dan penting untuk dilakukan.


Keywords


akreditasi; fakultas pertanian; tenaga pengajar

Full Text:

PDF

References


Asmawi, M. R. (2005). Strategi meningkatkan lulusan bermutu di perguruan tinggi. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 66-71.

Bai, S., Rajput, Q., Hussain, S., & Khoja, S. A. (2014). Faculty performance evaluation system: An ontological approach. In 2014 IEEE/ACS 11th International Conference on Computer Systems and Applications (AICCSA) (pp. 117–124). IEEE. https://doi.org/10.1109/AICCSA.2014.7073187

Berk, R. A. (Ed.). (1986). Performance assessment. Baltimore: The Johns Hopkins University Press.

Cronbach, L. J. (1985). Essential of psychological testing. New York: Harper and Ross.

Ditjen Belmawa Kemenristekdikti. 2018. Buku Pedoman Roadmap Akreditasi/Sertifikasi Internasional Program Studi di Perguruan Tinggi Indonesia

Ditjen Belmawa Kemenristekdikti. 2020. Petunjuk Teknis Bantuan Program Fasilitasi Akreditasi Internasional Program Studi

Hasanah, U., Toha, A., & Puspitaningtyas, Z. (2018). Pengaruh Minat, Motivasi, Penghargaan, Dan Profesionalisme Terhadap Prestasi Dosen Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Dalam Melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyrakat. Jurnal Strategi Dan Bisnis, 6(1), 37–53.

Hemmings, B., & Kay, R. (2014). Lecturer self-efficacy, research skills, and publication output. Sydney: Charles Sturt University.

Kurniati, P. S., & Fidowaty, T. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Penelitian Dosen di Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 7(2), 191–206.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen Dan Angka Kreditnya (2013).

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (2015).

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikantinggi Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangankehormatan Profesor (2017).

Mugimu, C. B., Nakabugo, M. G., & Katunguka, E. R. (2013). Developing capacity for research and teaching in higher education: a case of Makerere University. World Journal of Education, 3(6). https://doi.org/10.5430/wje.v3n6p33

Muluk, M. R. K., dan Amelia, A. (2019). Strategi Percepatan Peningkatan Jabatan Fungsional Dosen. Civil Service Journal, 13(1 Juni), 47-59.

Peleyeju, J. O., & Ojebiyi, O. A. (2013). Lecturers’ performance appraisal and total quality management of Public Universities in South-Western Nigeria. British Journal of Education, 1(2), 41–47. Retrieved from http://www.eajournals.org/journals/ british-journal-of-education bje/vol-1- issue-2 december-2013/lecturersperformance-appraisal-total-qualitymanagement-public- universitiessouthwestern-nigeria/

Rahardja, U., Lutfiani, N., Setiani Rafika, A., & Purnama Harahap, E. (2020). Determinants of Lecturer Performance to Enhance Accreditation in Higher Education. 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2020, 1–7. https://doi.org/10.1109/CITSM50537.2020.9268871

Rohmah, N., Huda, M., & Kusmintardjo, K. (2016). Strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah (studi multi kasus pada Unisda dan Staidra di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7). Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jp tpp/article/view/6560

Razak, Y., Syah, D., & Aziz, A. (2016). Kepemimpinan, kinerja dosen dalam peningkatan mutu pendidikan perguruan tinggi. Tanzhim, 1(02), 30-44.

Rubiono, G., & Finahari, N. (2017). Dosen: Profil-profil sederhana dalam profesi yang rumit. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 11-16.

Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi. Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(2), 579-596.

Sujarwo, S. (2005). Pengembangan dosen berkelanjutan. Makal. Perkuliahan Univ. Negeri Yogyakarta, 1-20.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v11i1.57699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats