Pengaruh minat belajar, kompetensi profesional guru, dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar daring

Siswanto Siswanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Zufi Anidzar Arbani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar daring, (2) Pengaruh profesional guru terhadap hasil belajar,(3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar daring, (4) Pengaruh minat belajar, profesional guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar daring mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Penelitian ini mengunakan pendekatan asosiatif. Sampel adalah siswa kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, linieritas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh sebesar 48,5% minat belajar terhadap hasil belajar daring sebesar (2) Terdapat pengaruh  sebesar 16,0% profesional guru terhadap hasil belajar daring (3) Terdapat pengaruh  sebesar 35,5% penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar daring (4) Terdapat pengaruh  sebesar 27,9% minat belajar, profesional guru, dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar daring Akuntansi Keuangan.

Keywords


hasil belajar daring; minat belajar; profesional guru; penggunaan media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Banda, Y. M. (2020). Kontribusi Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3).

Carlisle, J., Bhanugopan, R., & D’Netto, B. (2009). Enhancing task performance through effective training: The mediating role of work environment and moderating effect of non-mandatory training. Journal of Business Research, 104, 340–349. https://doi.org/10.1016/j.jbusres 2019.07.033

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrma Widya.

Edy, S. (2020). Snowball Throwing Tingkat Minat dan Hasil Belajar. Haura Publishing.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal PGSD Undiksha. https://www.researchgate.net/publication/315105651

Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 32–42.

Farah, R. N., Tarmizee, M., Abd Rahman, K., & Zuraida, R. L. (2018). Orthogonal Projector Kit (OPK) as a new teaching aids with innovation ICT in Teaching and Learning 21st Century. Journal of Fundamental and Applied Sciences, 10(3S), 338–344.

Gidot, S., Mashudi., & Matsum, J. H. (2014). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(3), 1–14.

Hakim, T. (2010). Belajar Secara Efektif. Niaga Swadaya Group Penebar Swadaya.

Irawan, B., Maria, H. T., & Mursyid, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Website Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–9.

Jalinus, N. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi Guru. PT Rajagrafindo Persada.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 100–110. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820

Mardingsih, L. (2015). Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru IPA SMP di Kecamatan Sleman melalui Optimalisasi Kegiatan Lesson Study. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(3), 213–225.

Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. PT Indeks.

Pratama, A. L. (2018). Pemberdayaan Pendidik (Studi Kasus Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guru di SMK N Seni. Jurnal Akuntanbilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 90–104.

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. CV. Alfabeta.

Ratnasari, M., & Widayati, A. (2012). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1), 208–225.

Soraida, S. (2018). Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/59774/

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.

Warren, J. M., & Hale, R. W. (2016). The influence of efficacy beliefs on teacher performance and student success: Implications for student support services. Journal of Rational-Emotive and Cognitive-Behavior Therapy, 34(3), 187–208. https://doi.org/10.1007/s10942-016-237-z

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peratutan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dari https://pelayanan.jakarta.go.id/

Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 https://pusdiklat.perpusnas.go.id/




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.43188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats