Pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program MGMP pada motivasi dan kinerja guru

Suheri Suheri, SMP Sunan Ampel Poncokusumo, Indonesia
A. Yusuf Imam Suja’I, Universitas Islam Malang, Indonesia
Hadi Sunaryo, Universitas Islam Malang, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan 1) seberapa kuat pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap motivasi kerja guru, 2) seberapa kuat pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap kinerja guru, dan 3) seberapa kuat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, serta 4) mengetahui seberapa kuat mediasi motivasi kerja pada sertifikasi guru dan implementasi program musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap kinerja guru. Sampel yang digunakan adalah seluruh guru SMP yang sudah sertifikasi yang ada di wilayah Kecamatan Poncokusumo dan Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket penelitian yang disebar kepada 187 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan melalui program AMOS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi guru dan implementasi program MGMP berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru sertifikasi, sertifikasi guru dan implementasi program MGMP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sertifikasi, Motivasi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sertifikasi, namun motivasi kerja tidak dapat memediasi pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program MGMP terhadap kinerja guru.

Keywords


sertifikasi guru; implementasi program MGMP; motivasi kerja; kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Abarro, J. O. (2018). Factors Affecting the Performance of Public School Teachers in the Division of Antipolo City, Philippines. International Research Journal of Engineering and Technology, 5(11), 1284–1290.

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of The Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Chen, Y. G. (2017). Exploring differences from principals’ leaderships and teachers’ teaching performances in public and private schools. The Journal of International Management Studies, 12(2), 65–85.

Cowan, J., & Goldhaber, D. (2018). Do bonuses affect teacher staffing and student achievement in high poverty schools? Evidence from an incentive for national board certified teachers in Washington State. Economics of Education Review, 65, 138–152. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2018.06.010

Darling-Hammond, L. (2000). Teacher Quality and Student Achievement. Education Policy Analysis Archives, 8(1), 1–44.

Elfers, A. M., & Plecki, M. L. (2014). Results of A State Incentive Program on the Supply and Distribution of National Board Certified Teachers. Leadership and Policy in Schools, 13(2), 147–168.

Goldhaber, D. D., & Brewer, D. J. (2000). Does the Teacher Certification Matter? High school Teacher Certification Status and Student achievement. Educational Evaluation and Policy Analysis, 22(2), 129–145.

Hamdani, H., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of Teachers’ Work Motivation And Principals’ Managerial Competence on Teachers’ Performance. Sriwijaya University Learning and Education International Conference, 3(1), 674–681.

Hermawati, W. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Implementasi Program Kerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Kinerja Mengajar Guru Di MTs Negeri Model Brebes. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(9), 170–193.

Hidayat, Y. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris terhadap Manajemen Pembelajaran dalam Mewujudkan Kinerja Guru. Jurnal Publik, 11(2), 279–290.

Karo-Karo, S. D., & Walukow, A. F. (2013). Pengaruh pemberian tunjangan sertifikasi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 18–30.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. PT Rajagrafindo Persada.

Kusumaningtyas, A., & Setyawati, E. (2015). Teacher Performance of the State Vocational High School Teachers in Surabaya. International Journal of Evaluation and Research in Education, 4(2), 76–83.

Mangkuprawira. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Ghalia.

Markonah, S., & Sunarto. (2013). Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Komitmen Organisasional. Jurnal Pasca Sarjana Universitas Stikubank, 1–20.

McMillan, J. H. (2016). National board certified teachers’ perspectives on using measures of student learning for teacher evaluation. The Educational Forum, 80(1), 48–60.

Muhajirin., Prihatin, T., & Amin, Y. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik dan Partisipasi Guru pada MGMP Melalui Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMA/MA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 170–177.

Mulyasa. (2009). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Remaja Rosdakarya.

Murwati, H. (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di SMK Negeri Se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi (BISE), 1(1), 12–21.

Suratmana, B., Wulandarib, S. S., Nugrahac, J., & Shandy, B. (2020). Does Teacher Certification Promote Work Motivation and Teacher Performance? A Lesson from Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(10), 516–525.

Tehseen, S., & Hadi, N. U. (2015). Factors Influencing Teachers’ Performance and Retention. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1), 233. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1p233

Widyastuti, S., & Yulianto, A. (2018). Peran mediasi motivasi kerja pada pengaruh sertifikasi profesi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 15–28.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Optimalisasi Peran MGMP Dalam meningkatkan kualitas mengajar. Jakarta : Penerbit Pusat Penelitian Kebijakan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Data Guru Sertifikasi (Online) https://referensi.data.kemdikbud.go.id Diakses pada tanggal 15 Desember 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan Hasil ujian nasional (Online) https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/ Diakses pada tanggal 01 Maret 2021.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Neraca Pendidikan Daerah (Online) https://npd.kemdikbud.go.id/ Diakses pada tanggal 01 Maret 2021.

Pemerintah Kabupaten Malang. (2020) Data pendidikan Kabupaten Malang (Online) http://malangkab.go.id/mlg/ diakses pada tanggal 01 Maret 2021

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2020, Tentang tata cara memperoleh sertifikat pendidik bagi guru dalam jabatan.

Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.41751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats