Analisis sekolah efektif di masa pandemi covid-19

Muh. Takdir, STKIP Muhammadiyah Bogor, Indonesia
Kiki Zakiyah, STKIP Muhammadiyah Bogor, Indonesia
Neneng Khairunnisa, STKIP Muhammadiyah Bogor, Indonesia
Lilis Kholisoh Nuryani, Pascasarjana Universitas Galuh Ciamis, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sumber daya yang mendukung terciptanya sekolah yang efektif baik yang berwujud materi dan yang tidak berwujud berdasarkan lima aspek, yaitu kepemimpinan kepala sekolah, pelaksanaan pembelajaran, monitoring dan evaluasi, hubungan sekolah dengan masyarakat, dan iklim yang kondusif. Desain penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian didapatkan melalui wawancara pada beberapa partisipan, antara lain kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa, dan orang tua. Selain itu, untuk memperkuat data wawancara, juga dilakukan studi dokumentasi dan observasi pada MTs An-Noor Cibungbulang Bogor. Hasil studi menunjukkan bahwa upaya dalam menciptakan sekolah efektif khususnya di masa pandemi adalah dengan mengoptimalkan fungsi dan peran sumber daya yang dimiliki oleh sekolah baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Sumber daya yang berwujud dapat dilihat dari penataan sarana yang ramah lingkungan sesuai standar protokol kesehatan dan penyediaan fasilitas ICT. Adapun sumber daya yang tidak berwujud dapat dilihat dari spirit kerja sama semua stakeholder, motivasi berprestasi, komunikasi yang efektif, hubungan emosional yang dekat antara guru dan siswa, pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan ICT, serta kreatifitas dalam mendesain pembelajaran.

Keywords


sumber daya sekolah; sekolah efektif

Full Text:

PDF

References


Burušić, J., Babarović, T., & Velić, Š. M. (2016). School Effectiveness: An Overview of Conceptual, Methodological and Empirical Foundations. School Effectiveness and Educational Management, 5–26. https://doi.org/10.1007/978-3-319-29880-1_2

Chukwu, C. L., Mezieobi, D. I., Uguwanyi, B. E., & Okpoebo, C. C. (2019). Monitoring and Evaluation on Effective Delivery of Social Studies for Improved Academic Performance. Review of European Studies, 11(1), 175–182. https://doi.org/10.5539/res.v11n1p175

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Edition. Pearson Education, Inc.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Dulay, S., & Karadag, E. (2017). The Effect of School Climate on Student Achievement. In In: Karadag E. (eds) The Factors Effecting Student Achievement (pp. 199–213). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-56083-0_12

Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas Pengelolaan Sumber Daya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28997

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education, 8th Edition. McGraw-Hill.

Ghani, M. F. A., Siraj, S., Radzi, N. M., & Elham, F. (2011). School Effectiveness and Improvement Practices in Excellent Schools in Malaysia and Brunei. Procedia Social and Behavioural Sciences, 15, 1705–1712. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.355

Greco, M., Cricelli, L., & Grimaldi, M. (2013). A Strategic Management Framework of Tangible and Intangible Assets. European Management Journal, 31(1), 55–66. https://doi.org/10.1016/j.emj.2012.10.005

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Irawanda, G., & Bachtiar, M. (2020). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Di SMK Negeri Makassar. Jurnal Administrasi, Kebijakan Dan Kepemimpinan Pendidikan, 1(1), 25–36.

Kirk, D. J., & Jones, T. L. (2004). Effective Schools. Assessment Report by Pearson Education, Inc.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3).

Kuswana, H. (2020). The Effect of Managerial Capabilities of Principal Toward School Quality in Vocational High School. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 424–436.

Meier, D. (2016). Situational Leadership Theory as a Foundation for a Blended Learning Framework. Journal of Education and Practice, 7(10), 25–30.

Murfi, A., Faturrochman, I., Atika., & Jannana, N. S. (2020). Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 119–135.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135.

Pearce, J., & Robinson, R. (2010). Formulation, Implementation and Control Competitive Strategy, 10th Edition. McGraw-Hill Irwin.

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan Mutu Sekolah melalui Manajemen Hubungan Masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 199–207. https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.26018

Savasci, H. S., & Tomul, E. (2013). The Relationship between Educational Resources of School and Academic Achievement. International Education Studies, 6(4), 114–123. https://doi.org/10.5539/ies.v6n4p114

Scheerens, J. (2013). What Is Effective Schooling? A review of current thought and practice.

Syahril., & Hadiyanto. (2018). Improving school climate for better quality educational Management. Journal of Educational and Learning Studies, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.32698/0182

Syaiful, N., Rudiyansyah., & Aslam, S. L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa). Equlibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 86–92.

UNESCO. (2016). Designing Effective Monitoring and Evaluation of Education Systems for 2030: A Global Synthesiss of Policies and Practices.

Usman, Y. D. (2016). Educational Resources: An Integral Component for Effective School Administration in Nigeria. Research on Humanities and Social Sciences, 6(13), 27–37.

Zulaihah, I. (2017). Contingency Leadership Theory / Pendekatan Situasional. Al-Tanzim, 1(1), 76–87.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.39677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats