Pengelolaan pengembangan minat dan bakat anak didik di homeschooling kak seto Solo

Muhammad Nuhman Mahfud, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Sutama Sutama, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pengembangan minat dan bakat anak didik di homeschooling Kak Seto Solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui beberapa prosedur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Perencanaan pengembangan minat dan bakat anak didik dilakukan dengan melakukan penggalian informasi melalui konselor dan dilanjutkan dengan Tes Potensi Akademik atau Tes pembekalan Akademik; 2) Pelaksanaan pengembangan Minat dan bakat anak didik dilaksanakan dalam dua kelas yaitu funday class dan personal improvement; 3) Penilaian pengembangan minat dan bakat anak didik dinilai oleh tutor dan orang tua. Tutor menilai homeschooler berdasarkan item pengukuran yaitu emosi, fokus, minat pembelajaran, kedisiplinan dan tanggung jawab. Orang tua menilai kegiatan yang dilakukan anak didik di rumah.


Keywords


minat dan bakat; homeschooling; pengelolaan; funday class;

Full Text:

PDF

References


Anggara, D. S., & Abdillah, C. (2018). Proses Pembelajaran Program Homeschooling Tingkat Sekolah Dasar di PKBM Anugrah Bangsa Kota Semarang. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.32493/eduka.v3i1.3802

Choiriyah. (2015). Evaluasi Program Homeschooling Group Untuk Anak Usi 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 201–216.

Dewi, R. S., & Trisnawati, M. (2017). Identifikasi Anak Underachievement (Underachiever dan Gifted Underachiever). Jurnal Pendidikan, 1(2), 1–9.

Farikha, R. A. N. (2015). Homeschooling sebagai salah satu metode belajar yang menyenangkan.

Fitriana, A. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif Dalam Mengembangkan Potensi Anak Di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(1), 50–59. http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i1

Harmani, Y. S. (2018). Manajemen Pembelajaran Homeschooling Di Homeschooling Primagama Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.30738/mmp.v1i1.2809

Helaluddin. (2019). MengenalLebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. OSF PrePrint. https://doi.org/10.31219/osf.io/stgfb

Heryani, R. D. (2017). Homeschooling Sebagai Sekolah Alternatif Ramah Anak. Research and Development Journal of Education, 3(2), 145–153. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v3i2.2011

Mahariah. (2014). Homeschooling Dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Islam. Jurnal Al-Irsyad, 4(1), 16–35.

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Nelissa, Z., Astuti, S., & Martunis. (2018). Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Siswa dalam Proses Pemilihan Jurusan Pendidikan Lanjutan (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(1), 78–83.

Nengsih, Y. K. (2017). Studi Komparatif Pengelolaan Pembelajaran pada Homeschooling Primagama dengan Homeschooling Anugrah Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 101–112. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i1.12536

Renninger, K. A., & Hidi, S. E. (2017). The Power of Interest for Motivation and Engagement (1st Editio). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315771045

Safitri, A. (2020). Cara Mengetahui Bakat Anak dan Remaja dengan Mudah. Pelatihan Homeschooling. https://pelatihanhomeschooling.com/cara-mengetahui-bakat-anak/

Shofwan, I. I., Shofwan, I., Desmawati, L., Raharjo, T., & Santosa, I. W. (2019). Homeschooling: Nonformal Education Learning Strategy 4.0. 5th International Conference on Education and Technology (ICET), 655–660. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.159

Siregar, R. M. (2019). Homeschooling: Alternatif Pendidikan yang Menjanjikan untuk Pengembangan Minat Bakat Anak Sejak Dini. Analisaceh.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian. PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Cet ke-19. Alfabeta.

Sumardiono, A. (2018). 55 Prinsip & Gagasan Homeschooling. Halaman Moeka Publishing.

Supriatna, M. (2009). Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menengah. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. CV. Jasmine.

Wilangan, G. (2019). Apa Saja Bakat Minat Siswa Homeschooling? Ini Dia Informasinya! Homeschooling Mayantara.

Yusuf, M. A., & Agbara, C. O. (2016). Teachers’ Skills in Identification and Managemnt of Students’ Talents in Ondo State Secondary Schools. Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP), 10(2), 234–249.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.39408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats