Bagaimana pemasaran jasa pendidikan mempengaruhi pesantren: Efek pada aspek mutu

Liah Siti Syarifah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan menemukan pengaruh pemasaran jasa pendidikan terhadap mutu Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan internal dan eksternal pesantren. Teknik cluster sampling digunakan untuk memilih responden yang terdiri dari santri, guru, pembimbing asrama dan orang tua santri dengan jumlah 220 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan statistik parametrik melalui bantuan software SPSS 25.0 melalui persamaan regresi linear sederhana, apabila nilai thitung<ttabel, maka H0 diterima, tapi apabila nilai thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung > ttabel (10,257>1,971) sehingga H0 ditolak artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan pemasaran pendidikan terhadap mutu Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum dengan persentase sebesar 32,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran pendidikan akan meningkatkan mutu Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum. Hal tersebut berimplikasi bahwa Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum seyogyanya memberi perhatian yang serius pada kebutuhan pengguna jasa pendidikan dan jeli melihat segmentasi dan penentuan sasaran.

Abstract


This research aims to discover the effect of marketing education services on the quality of Syamsul ‘Ulum Islamic Boarding School. The research populations were internal and external customers of the boarding school. Cluster sampling technique was used to select respondents consisting of students, teachers, boarding supervisors and students’ parents with a total of 220 people. Data collection was conducted by questionnaire, interview and documentation techniques. Then, data were analyzed using parametric statistics through the help of SPSS 25.0 software through a simple linear regression, if the value of thitung<ttabel, therefore H0 is accepted, but if tcount > ttable, therefore H0 is rejected. The results of research showed that tcount > ttable (10.257> 1.971) therefore H0 was rejected, it means that there was a positive and significant influence of education marketing on the quality of Syamsul ‘Ulum Islamic Boarding School with a percentage of 32.7%. Based on the results of the research, it is concluded that educational marketing activities will improve the quality of Syamsul ‘Ulum Islamic Boarding School. This implies that the Syamsul Islamic Boarding School ‘Ulum should give a serious attention to the needs of customers and is keen to see a segmentation and targeting.


Keywords


Mutumanajemen pendidikan; mutu pesantren; pemasaran pendidikan Pesantren, Pemasaran Pendidikan, Pesantren

Full Text:

PDF

References


Ali, R. A., & Fahrurrozi, F. (2006). Total quality management in education. IRCiSoD.

Azmi, M. F., Suharyono, S., & Sunarti, S. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian (Survei pada mahasiswa yang menggunakan Notebook Asus di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 175-184. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1143

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar.

Bado, N., & Nyangau, J. (2012). Social media and marketing of higher education: A review of the literature. Journal of the Research Center for Educational Technology, 8(1), 38-51.

Bashori, B. (2017). Modernisasi lembaga pendidikan pesantren perspektif

Azyumardi Azra. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 269-295. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1881

Gajic, J. (2012). Importance of marketing mix in higher education institutions. Singidunum Journal of Applied Sciences, 9(1), 29-41. https://doi.org/10.5937/sjas1201029G

Kalenskaya, N., Gafurov, I., & Novenkova, A. (2013). Marketing of educational services: Research on service providers satisfaction. Procedia Economics and Finance, 5, 368–376. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(13)00044-0

Khasanah, A. (2015). Pemasaran jasa pendidikan sebagai strategi peningkatan mutu di SD Alam Baturraden. Jurnal eL-Tarbawi, 8(2), 161-176. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran (13th ed.) (B. Molan, trans.). Erlangga.

Muadin, A. (2017). Manajemen pemasaran pendidikan pondok pesantren Tahfidz Qur’an. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 293-308. https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.2.293-308

Mudie, P., & Pirrie, A. (2006). Service marketing management. Elsevier.

Muhith, A. (2018). Quality culture of Islamic boarding school. International Journal of Research – GRANTHAALAYAH, 6(10), 25-37. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v6.i10.2018.1158

Munir, M. (2017). Manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 78-94. Retrieved from https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/1

Mustaqiem, A. (2003). Menggagas pesantren transformatif. Majalah Aula, 27(9), 76.

Mustaqim, M. (2018). Analisis manajemen pemasaran jasa lembaga pendidikan Islam: Pondok Pesantren Amtsilati Darul Falah Bangsri Jepara. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 117-128. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.1.2465

Prayitno, D. (2010). Paham analisa data statistik dengan SPSS. MediaKom.

Priyatno, D. (2010). Teknik mudah dan cepat melakukan analisis data penelitian dengan SPSS. Gava Media.

Rasmi, R. (2014). Peningkatan Mutu Dan Profil Lembaga Pendidikan dalam Perspektif Total Quality Management (TQM). Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 54-67. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/243

Sallis, E. (2007). Total quality management in education (Manajemen mutu

pendidikan) (A. Riyadi, trans.). IRCISoD.

Siswanto, S. (2015). Desain mutu pendidikan pesantren. Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman, 23(2), 258-274. Retrieved from http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/karsa/article/view/726

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syarifah, L. S. (2019). Implementasi pendidikan karakter: Sebuah kajian

ilmiah dari perspektif gaya kepemimpinan kepala sekolah. NIZAMUL

‘ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1-21. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/nizamulilmi/article/view/6

Syarifah, L. S. (2020a). Desain mutu pesantren berbasis total quality management (TQM). Nizamul ‘Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 5(1), 93-112. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/nizamulilmi/article/view/50

Syarifah, L. S. (2020b). Implementasi total quality management (TQM) di

pesantren?. Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(1), 93-

Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/33




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.38115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats