Peningkatan mutu pendidikan di kelas IX pada masa pandemi Covid-19

Salma Hakiim, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Halimatus Sadiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Laelatul Mutmainah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Mohammad Ichsanul A’mal, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Nurul Arfinanti, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya, baik sumber daya manusia seperti kepala sekolah, guru, siswa, dan wali murid, maupun non manusia yang meliputi pemerintahan dan kurikulum dalam pengaruh peningkatan mutu pembelajaran kelas IX di SMP Negeri 2 Nglipar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan jenis pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Negeri 2 Nglipar, guru kelas IX, siswa kelas IX, dan orang tua atau wali siswa kelas IX. Dalam penelitian ini prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi serta wawancara.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi dan smartphone sebagai alat perekam dan dokumentasi. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa aspek-aspek yang berpengaruh dalam peningkatan mutu kelas IX pada masa pandemi COVID-19 dibagi menjadi lima aspek, yaitu dukungan pemerintah, kepala sekolah yang efektif, kinerja guru, kurikulum, serta dukungan dari wali siswa yang dari keseluruhan aspek saling bekerja sama.

 

Abstract


This research aims to find out the management and utilization of resources, both human resources such as principals, teachers, students, and students’ parents, as well as non-human who include government, and curriculum in the influence of improving the quality of learning grade IX in SMP Negeri 2 Nglipar. This research uses descriptive research with qualitative approach type. The subjects in this research are the principal of SMP Negeri 2 Nglipar, grade IX teachers, grade IX students, and parents or guardians of grade IX students. In this research, the data collection procedure used is by observation and interview. Research instruments in this research are researchers (human instruments), observation sheets, interview sheets, and smartphones as recorders and documentation. From the data of the research, it was concluded that the aspects that influenced the quality improvement of grade 9 during the COVID-19 pandemic were divided into five aspects, namely government support, effective principal, teacher performance, curriculum, and support of parents with all aspect cooperate with each other.


Keywords


manajemen pendidikan; mutu pendidikan; pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2016). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. doi: https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146. doi: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di Indonesia, sekolah keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). 395-402. doi: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Aziz, A. (2015). Peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10(2), 1-13. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/2688

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended learning dalam pembentukan kemandirian belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(1), 16-22. doi: https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.763

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240. doi: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295

Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Evektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81-88. doi: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28997

Furchan, A. (2004). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Pustaka Pelajar Offset.

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen mutu pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97. doi: https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928

Kurniawan, S. (2017). Pengembangan manajemen mutu pendidikan Islam di madrasah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 25-36. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/111

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analiysis: A sourcebook of new methods. SAGE Publication.

Mufida, A. (2020). Polemik pemberian bantuan sosial di tengah pandemic Covid 19. ‘Adalah, 4(1), 159-166. Retrieved from http://www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15669

Nazerly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group dalam mendukung pembelajaran daring (online) pada mata kuliah Bahasa Inggris lanjut (studi kasus pada 2 kelas semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Publik, 4(2), 155-156. Retrieved from https://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/417/402

Purandina, I. P., & Winaya, I. M. (2020). Pendidikan karakter di lingkungan keluarga selama pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270-290. doi: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & Santoso, P. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Suryanto, S. & Hisyam, H. (2000). Refleksi dan reformasi pendidikan di Indonesia memasuki milenium III. Adicitra Karya Nusa.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51-65. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462/pdf

Warsih, S. (2017). Kebijkan dan implementasi manajemen pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 15(20), 51-66. Retrieved from http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/1005

Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif ilmu pendidikan teologi. Sekolah Tinggi Theologi Jaffray.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.37922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats