Pengembangan model manajemen bimbingan karir menggunakan aplikasi Edmodo

Wahyu Widia Astuti, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Yari Dwikurnaningsih, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model manajemen bimbingan karir menggunakan aplikasi edmodo yang memenuhi lima aspek yaitu aspek tampilan, akses, interaksi, desain materi layanan, dan kontrol. Pendekatan penelitian menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D) melalui tiga langkah pengembangan yaitu tahap studi pendahuluan, tahap desain dan pengembangan model, tahap pengujian produk dan publikasi. Pengembangan produk mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Uji ahli dan uji lapangan terbatas dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif melalui penghitungan rerata dan persentase serta pengkategorian. Pengembangan model diperoleh dengan prinsip-prinsip manajemen G.R.Terry, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian yaitu produk dengan nama MBK-MAE yang terdiri dari bagan model dan deskripsinya, materi bimbingan karir untuk SMK, panduan guru BK, panduan siswa, dan panduan untuk operator IT. Hasil uji validitas oleh ahli materi sebesar 88%, ahli media sebesar 84% dan calon pengguna sebesar 83%. Berdasarkan uji ahli dan uji lapangan terbatas tersebut dapat disimpulkan bahwa produk berupa model manajemen bimbingan karir menggunakan aplikasi edmodo masuk dalam kategori baik dan layak untuk digunakan.

Abstract

This study aims to produce a product in the form of career guidance management model using the Edmodo application that fulfills five aspects, namely appearance, access, interaction, service material design, and control. The research approach uses the Research & Development (R&D), the research method through three development steps, namely the preliminary study stage, the design and development stage of the model, the product testing phase and publication. Product development refers to the ADDIE development model which includes the Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation stages. The data collection method uses observation and interview. Expert tests and limited field tests were analyzed using quantitative descriptive techniques through the calculation of the mean and percentage and categorization. The development of the model is obtained by the principles of G.R.Terry management, namely planning, organizing, implementing, and evaluating. The results of this study are products with the name MBK-MAE consisting of a model charts and their descriptions, career guidance material for SMK, guidance counselors, student guides, and guidance for IT operators. The validity test result by material expert is 88%, media expert is 84% and prospective users are 83%. Based on the expert test and limited field test, it can be concluded that the product in the form of a career guidance management model using the Edmodo application is included in the good category and is suitable t be used.


Keywords


bimbingan karir; Edmodo; manajemen; model; career guidance; management; model

Full Text:

PDF

References


Adebowale, O. (2014). Career Information Processing Strategies of Secondary School Student in Osun State (Nigeria). Inkanyiso : Journal of Humanities and Socila Sciences, 6(1), 66-76. Diakses September 2019.

Ampa, A. T. (2015). The Implementation of Interactive Multimedia Learning Materials in Teaching Listening Skills. English Language Teaching, 8(12), 56-62. Diakses Oktober 2019

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar akademik dan Kompetensi Konselor.

Feny, F.Z., & Ceoi, S.A.J. (2020) Pelaksanaan Program Edmodo di Sekolah Dasar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan , 8(1), 96-107. Diakses Mei 2020.

Hag, A. H. B., & Farida, R. (2019) Orientasi Karir pada Siswa SMP : PIlihan Jurusan dan gambaran pekerjaan di masa depan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 8(1), 7-14. Diakses Desember 2019.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling Gusjigang, I(1). http://dx.org/10/24176/jkg.v1il.258. Diakses mei 2019

Irwan., Gustientiedina., Desneita, Y. (2017). Counseling Model Application: A Student Career Development Guidance for Decision Maker and Consultation. International Conference on Environment and Technology (IC-Tech). Retrieved from https://iopscience.iop.org/article /10.1088/1755-1315/97/1/012045

Jarkawi, J., Ridhani, R.A., Susanto, Dedi. (2017). Strategi Bimbingan dan Konseling Karir Bermutu pada Sekolah Menengah Kejuruan Syuhada Bnajarmasin. Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(3), 123-131. Diakses November 2019.

Nilandiny, R., & Puspitasari, W. (2016). Membangun Aplikasi Perencanaan Karir Online Menggunakan Web Dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Pada SMK X). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri. Volume 3, nomor 2, April 2016. Retrieved from https://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/index.php/JRSI/article/view/26. Diakses Januari 2020.

Nisa, Z.E., & Wiryosutomo, W.H. (2018). Pengembangan Aplikasi Karir Model Cognitive Information Processing CIP untuk Perencanaan Studi Lanjut siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Panceng Gresik. Jurnal Bimbingan dan Konseling UNESA 8(2). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/24585. Diakses Februari 2020.

Nursalim, M. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Erlangga.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Permendikbud No. 81A Lampiran IV Tahun 2013, Tentang Implementasi Kurikulum.

Permatasari, Nina. (2016). Evaluasi Program Layanan Bimbingan Karir di SMK Negeri se Kota Banjarmasin. Disertasi diterbitkan. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Permatasari, Nina. (2019). Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Malang : CV IRDH

Ramdhan, S., Salim, A.M.R. (2019). Kontribusi Planned Happenstance Skills terhadap Perilaku Eksplorasi Karir Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Peran Mediasi Career Decision Self-Efficacy. Kajian Bimbingan dan Konseling, 5(1), 24-33. Diakses Juni 2029.

Republik Indonesia. Undang - Undang Negara Republik Indonesia No. 20 , Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan di Indonesia.

Risqiyain, H.L. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Informasi Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(3), 88-93. Diakses Juli 2019.

Sukmadinata, N.S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdarya.

Wibowo, E.M & Setyawan, I. (2016). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbantuan Web Tentang Studi Lanjut Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Bimbingan Konseling 5(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id /sju/index.php/jubk. Diakses Juli 2019




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36761

Refbacks





Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats