Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar

Slamet Wijayanto, SD Negeri 02 Klegen, Indonesia
Ghufron Abdullah, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Endang Wuryandini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan membuktikan adanya pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja, secara sendiri-sendiri maupun bersama, terhadap kinerja guru SD negeri di Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dan survey yang bersifat explanatory. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah teruji keabsahannya terbukti valid dan stabil. Pengujian prasarat analisis yang meliputi uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedasitas, dan linearitas menunjukkan persyaratan telah terpenuhi. Hasil uji F hitung 120,311 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, berarti ada pengaruh signifikan dan positif gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Dari uji parsial, diperoleh nilai signifikansi gaya kepemimpinan transformasional 0,001, motivasi kerja 0,000, dan kepuasan kerja 0,000< 0,05, berarti gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja masing-masing berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja guru. Hal ini menunjukkan semua hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan dari gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama, terhadap kinerja guru.

Abstract

This study aims to prove the influence of transformational leadership style, work motivation, and job satisfaction both individually and collectively on the performance of elementary school teachers in Comal District, Pemalang Regency. This is a quantitative study using a cross sectional approach and an explanatory survey. Data were collected using a questionnaire with a Likert scale that has been tested for validity and is proven valid and stable. The results of the analysis prerequisite test including normality test, multicollinearity, heteroscedasticity, and linearity show that the requirements have been fulfilled. The result of the F test count is 120.311 with a significance value of 0.000<0.05, meaning that there is a significant and positive effect of transformational leadership style, work motivation, and job satisfaction on teacher performance. Partial test shows that the significance value of transformational leadership style is 0.001, work motivation is 0.000, and job satisfaction is 0.000<0.05, meaning that transformational leadership style, work motivation, and job satisfaction have a significant and positive effect on teacher performance, respectively. It shows that all hypotheses in this study are acceptable, which means that there is a positive and significant effect of transformational leadership style, work motivation, and job satisfaction both individually and collectively on the teachers’ performance.

Keywords


kepemimpinan transformasional; motivasi; kepuasan kerja; kinerja guru; job satisfaction; motivation; teacher performance; transformational leadership

Full Text:

PDF

References


Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. E-Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(2), 14-23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arthawan, K. J., & Mujiati, N. W. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada LPD Kesiman di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1221-1247. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/27068

Effendi, S., & Tukiran, T. (2014). Metode penelitian survei. LP3ES.

Guterres, L. A., & Supartha, W. G. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(3), 429-454. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/15091

Hutahayan, B., Astuti, E. S., Raharjo, K., & Hamid, D. (2019). Praktik kepemimpinan transformasional di BUMN (Kajian empiris karyawan PT Barata Indonesia (Persero)). Deepublish.

Juniari, N. K. E., Riana, I. G., & Subudi, M. (2015). Pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4(11), 823-840. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/14189

Mufarrikoh, Z. (2020). Statistika pendidikan (Konsep sampling dan uji hipotesis). CV. Jakad Media.

Mulyadi, M., & Fahriana, A. S. (2018). Supervisi akademik: Konsep, teori, model perencanaan, dan implikasinya. Madani.

Narsih, D. (2017). Pengaruh kompetensi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMKN 23 Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1(1), 94-102. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/67

Nasrudin, J. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (Buku ajar prkatis cara membuat penelitian). PT. Panca Terra Firma.

Nur, G., & Sjahruddin, H. (2019). Pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 1, 47-57. http://doi.org/10.5281/zenodo.3459962

Ratnasari, S. L., & Hartati, Y. (2019). Manajemen kinerja dalam organisasi. CV. Qiara Media.

Saddoen, A. (n.d.). Kepuasan kerja: Pengertian, indikator, fungsi, dan aspek. The Moon Doggies, accessed on 18 May 2020 from https://moondoggiesmusic.com/kepuasan-kerja/#gsc.tab=0

Sagala, S. (2018). Human capital: Membangun modal sumber daya manusia berkarakter unggul melalui pendidikan berkualitas. Kencana.

Saputri, R. D., Suprayitno, S., & Sutarno, S. (2016). Analisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru dengan kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel moderasi (Survei pada guru PNS di SMP Negeri 1 Jumapolo). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Universitas Slamet Riyadi Surakarta, 16(1), 59-67. Retrieved from http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/1262

Sedarmayanti, S. (2017). Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kompetensi, kinerja, dan produktivitas kerja. PT. Refika Aditama.

Simamora, B. (2015). Analisis multivariat pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Soegoto, E. S. (2017). Marketing recearch: The smart way to solve a problem. Elex Media Komputindo.

Sugiyono, S. (2012). Metode penelitian kuantitif dan kualitatif. Alfabeta.

Sutikno, M. S. (2014). Pemimpin dan kepemimpinan: Tips praktis untuk menjadi pemimpin yang diidolakan. Holistica.

Tersiana, A. (2018). Metode penelitian. Start Up.

Tucunan, R. J. A., Supartha, W. G., & Riana, I. G. (2014). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap motivasi dan kinerja karyawan (Studi kasus pada PT. Pandawa. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3(9), 533-550. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/8084

Umam, K. (2012). Perilaku organisasi. CV. Pustaka Setia.

Widodo, S. E. (2018). Manajemen pengembangan sumber daya manusia. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.35741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats