Kepemimpinan kyai di pondok pesantren modern: Pengembangan organisasi, team building, dan perilaku inovatif

Devi Pramitha, Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Indonesia

Abstract


Keberadaan sosok kiai sebagai pemimpin pondok pesantren memang sangat unik untuk selalu diteliti, hal tersebut dikarenakan dari sudut tugas dan fungsi seorang kiai yang tidak hanya sekedar memimpin, tetapi juga harus mampu mengembangkan organisasi pondok pesantren agar bisa tetap eksis di era globalisasi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kiai di pondok pesantren modern, yang dilihat dari tiga hal yaitu: 1.) Proses pengembangan organisasi; 2.) Proses pembentukan team building; dan 3.) Proses menumbuhkan perilaku inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi tokoh. Untuk proses pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan model Spradley yang terdiri dari 4 cara, yaitu: 1.) Analisis domain; 2.) Analisis taksonomi; 3.) Analisis komponensial; dan 4.) Analisis tema kultural. Dari hasil penelitian dapat diperoleh data, yaitu: 1.) Proses pengembangan organisasi dilakukan dengan cara memotivasi dan menginspirasi anggota bawahannya agar memiliki semangat yang tinggi dalam mengembangkan pondok pesantren; 2.) Proses pembentukan team building lebih banyak dilakukan melalui interaksi pola pikir; dan 3.) Proses menumbuhkan perilaku inovatif menggunakan cara dengan pendelegasian tugas-tugas.

 

Abstract

The Kiai's existence as the leader in the Islamic boarding school is indeed very unique to always be researched. From the point of view of the duties and functions of a Kiai, who is not only leading but also must be able to develop the boarding school organization to continue to exist in the current era of globalization. The purpose of this study was to determine the leadership style of kiai in modern Islamic boarding schools, which was seen from three things, namely: 1.) The process of organizational development; 2.) The process of forming team building; and 3.) The process of fostering innovative behavior. This study uses a qualitative method using a character study approach. For the data collection process through interviews, documentation, and observation, while for data analysis using the Spradley model which consists of 4 ways, namely: 1.) Domain analysis; 2.) Taxonomic analysis; 3.) Component analysis; and 4.) Analysis of cultural themes. From the research results, data can be obtained, namely: 1.) The process of organizational development is carried out by motivating and inspiring subordinate members to have high enthusiasm in developing Islamic boarding schools; 2.) The process of forming team building is mostly done through mindset interactions; and 3.) The process of fostering innovative behavior by means of delegating tasks.


Keywords


Kepemimpinan kiai; pengembangan organisasi; team building; perilaku inovatif; leadership of kiai; organizational development; team building; innovative behavior

Full Text:

PDF

References


Almanshur, D. G. (2012). Metode penelitian kualitatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ancok, D. (2012). Psikologi kepemimpinan & inovasi. Jakarta: Erlangga.

Anwar, A. (2011). Pembaharuan pendidikan di pesantren Lirboyo Kediri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baharun, H. (2013). Transformasi kelembagaan pendidikan pondok pesantren. Retrieved from https://www.nu.or.id/post/read/44962/transformasi-kelembagaan-pendidikan-pondok-pesantren

Cummings, T. G. (2014). Organization development and change (9th ed.). Canada: Cengage Learning.

De Jong, J., & Den Hartog, D. (2010). Measuring innovative work behavior. Creativity and Innovation Management, 19(1), 23-36. doi: https://doi.org/10.1111/j.1467-8691.2010.00547.x

Dhofier, Z. (2011). Tradisi pesantren studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Fachry, F. (2015). Pengembangan organisasi melalui team building, kompetisi dan kerjasama. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 2(1). doi: https://doi.org/10.33650/pjp.v2i1.104

Ghazali, B. (2002). Pesantren berwawasan lingkungan. Jakarta: CV Prasasti.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Jones, G. R. (2013). Organizational theory, design, and change (7th ed.). London: Pearson Education.

Kresnandito, P. A., & Fajrianthi, F. (2012). Pengaruh persepsi kepemimpinan transformasional terhadap perilaku inovatif penyiar radio. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 1(2), 96-103. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/filerPDF/jpio0a4a20119d2full.pdf

Leong, C. T., & Rasli, A. (2014). The relationship between innovative work behavior on work role performance: An empirical study. Procedia-Social & Behavioral Sciences, 129, 592-600. doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.717

Mardiyah, M. (2013). Kepemimpinan kiai dalam memelihara budaya organisasi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

McShane, S. L., Von Glinow, M. A. Y., & Von Glinow, M. A. (2005). Organizational behavior. New York, NY: McGraw-Hill Irwin.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2014). Perilaku Organisasi (organizational Behavior) (12th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Saefullah, S. (2012). Manajemen pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Siagian, S. P. (2010). Teori & praktek kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Siswanto, S. (2015). Desain Mutu Pendidikan Pesantren. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 23(2), 259-275. doi: https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.726

Suharto, B. (2011). Dari pesantren untuk umat. Surabaya: Imtiyaz.

Wirawan, W. (2013). Kepemimpinan teori, psikologi, perilaku organisasi, aplikasi dan penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.Kepemimpinan kiai di pondok pesantren modern: Pengembangan organisasi, team building, dan perilaku inovatif




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.33058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats