Strategi manajemen sekolah dalam menghadapi pemberlakuan sistem zonasi

Ya Shinta Dewi Wahyuni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Nurhadi Nurhadi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Okta Hadi Nurcahyono, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi setelah sistem zonasi di terapkan di SMA Negeri (SMAN) 1 Surakarta dan menganalisa strategi manajemen sekolah di SMAN 1 Surakarta dalam menghadapi pemberlakuan sistem zonasi menggunakan teori struktural fungsional oleh Radcliffe-Brown. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dengan metode penelitian kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui beberapa prosedur kegiatan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1.) Perubahan input siswa yang menjadi relatif heterogen setelah sistem zonasi diterapkan menyebabkan perubahan budaya sekolah dan pola pembelajaran; 2.) Strategi yang digunakan oleh manajemen sekolah di SMAN 1 Surakarta dalam menghadapi perubahan budaya sekolah adalah dengan penanaman nilai-nilai yang terdapat dalam Hasthalaku dan inovasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS); dan 3.) Mekanisme adaptif dengan mengubah metode pembelajaran dan wacana akan diterapkannya Sistem Kredit Semester (SKS) di SMAN 1 Surakarta merupakan strategi yang dipilih oleh manajemen sekolah dalam rangka menghadapi perubahan pola pembelajaran.

 

Abstract

This study aims to: 1.) Know the changes that occur after the zoning system is implemented in SMAN 1 Surakarta; 2.) Analyzing the school management strategy at SMAN 1 Surakarta in dealing with implementing the zoning system using functional, structural theory by Radcliffe-Brown. This study uses an ethnographic approach with qualitative research methods. Analysis of the data used in this study uses a number of procedure activities, including data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. Results of the study: (1) Changes in student input that become relatively heterogeneous after the zonation system is applied causes changes in school culture and learning patterns; 2.) The strategy used by school management at SMAN 1 Surakarta in dealing with changes in school culture is by inculcating the values contained in Hasthalaku and innovating the School Literacy Movement (GLS); and 3.) The adaptive mechanism by changing learning methods and discourse will be applied to the Semester Credit System (SKS) at SMAN 1 Surakarta is the strategy chosen by the school management in order to deal with changes in learning patterns.


Keywords


Adaptasi; budaya sekolah; manajemen sekolah; sistem zonasi; adaptation; school culture; school management; zoning system

Full Text:

PDF

References


Adiputra, A. R., Karsidi, R., & Haryono, B. (2019). Cultural lag dalam program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online dengan sistem zonasi tahun 2018 di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sukoharjo. Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi, 3(1), 1–13. doi: https://doi.org/10.20961/habitus.v3i1.30906

Chan, F., Rimba, A., Setiawati, R., Nurfitriana, Dawiyah, Nurlayly, C., & Nandatulloh. (2019). Dampak sistem zonasi terhadap penerimaan peserta didik baru. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2(2), 326–330. doi: https://dx.doi.org/10.31100/dikdas.v2i2.465

Danim, S. (2010). Otonomi manajemen sekolah. Bandung: Alfabeta.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. (2019). Peraturan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 421/07651 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020.

Hasbullah, H., & Anam, S. (2019). Evaluasi kebijakan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Pamekasan. Reformasi, 9(2), 112–122. doi: http://dx.doi.org/10.33366/rfr.v9i2.1413

Izzah, A., & Harmanto. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Budaya Sekolah di SMPN 38 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 268–283. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/3621

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 158 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Pedoman penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Tentang jalur zonasi minimal 50% pada PPDB tahun ajaran 2020/2021. Retrieved from https://p4tkbmti.kemdikbud.go.id/main/2020/01/23/tentang-jalur-zonasi-minimal-50-pada-ppdb-tahun-ajaran-2020-2021/

Maunah, B. (2016). Pendidikan dalam perspektif struktural fungsional. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 159-178. doi: https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i2.136

Pratiwi, Y. M. (2019, November 2). Pro dan kontra penerapan sistem zonasi dalam PPDB Tahun 2019. Kompasiana. Retrieved from https://www.kompasiana.com/mila89663/5dbd2bec097f3610c04b43f2/pro-dan-kontra-penerapan-sistem-zonasi-dalam-ppdb-tahun-2019?page=all

Radcliffe-Brown, A. R. (1952). Structure and function in primitive society. London: Routledge and Kegan Paul.

Rohiat, R. (2012). Manajemen sekolah: Teori dasar dan praktik. Bandung: PT Refika Aditama.

Sulistiyoningrum, M. K. (2016). Strategi penerapan manajemen berbasis sekolah (Studi kasus di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang). Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(1), 99–113. doi: http://dx.doi.org/10.21580/wa.v3i1.875

Tuindra, E., & Sahuri, C. (2013). Implementasi strategi manajemen berbasis sekolah. Jurnal Administrasi Pembangunan, 1(2), 109–114. Retrieved from https://jap.ejournal.unri.ac.id/index.php/JAP/article/view/1343

Ulfatin, N. (2014). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.

Widodo, H. (2017). Manajemen perubahan budaya sekolah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 287–306. doi: https://doi.org/10.14421/manageria.2017.22-05

Winarto, W., & Prasojo, L. D. (2017). Strategi pengembangan budaya pembelajaran di sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(1), 109–121. doi: https://doi.org/10.21831/amp.v5i1.13092




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.31858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats