Implementasi sistem penjaminan mutu internal di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Asnaul Lailina Nikmatuz Zahrok, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penjaminan mutu di SMK Negeri 35 Tulungagung. Jenis pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penjaminan mutu di SMKN 35 Tulungagung diawali dari Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk memperoleh pemetaan capaian mutu dari setiap aspek Standard Nasional Pendidikan (SNP). Capaian mutu yang dirasa kurang selanjutnya diperbaiki melalui pemenuhan mutu secara berkelanjutan. Upaya pemenuhan mutu direncanakan oleh Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yang dituangkan dalam bentuk dokumen perencanaan pemenuhan mutu. Di dalamnya diuraikan kegiatan, tujuan, strategi pelaksanaan, indikator keberhasilan, serta rincian biaya yang dibutuhkan. Selanjutnya rencana pemenuhan mutu direalisasikan kepada setiap aspek pembelajar-an dengan melibatkan komponen pendidikan secara komprehensif. Pelaksanaan pemenuhan mutu dimonitoring oleh TPMPS secara berkelanjutan Seluruh pelak-sanaannya kemudian dievaluasi untuk melihat efektifitas pelaksanaan dengan rencana pemenuhan mutu terhadap pencapaian SNP. Hasilnya akan dianalisis untuk penetapan standar standar mutu baru yang lebih efektif. Seluruh rangkaian tersebut didokumen-tasikan dalam bentuk rapor SPMI.

 

Abstract

The purpose of this article is to determine the implementation of quality assurance in SMK 35 Tulungagung. This type of approach is a qualitative approach. The method used is descriptive qualitative. The results showed that quality assurance at SMK 35 Tulungagung started from  School Self Evaluation (EDS) to obtain a mapping of quality achievements from every aspect of  National Education Standards (SNP). Quality achievements that are felt to be lacking are subsequently corrected through continuous quality fulfillment. Efforts to fulfill quality are planned by the School Education Quality Assurance Team (TPMPS) as outlined in the form of quality fulfillment planning documents. It outlines the activities, objectives, implementation strategies, indicators of success, and details of the costs required. Furthermore, the quality fulfillment plan is realized for every aspect of learning by comprehensively involving the education component. TPMPS monitors the implementation of quality fulfillment on an ongoing basis. All implementation is then evaluated to see the effectiveness of implementing the quality fulfillment plan for the achievement of SNP. The results will be analyzed for setting new quality standards more effectively.


Keywords


Implementasi; Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI); Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); implementation; internal quality guarantee system; vocational school

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2019). Tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,01 persen. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/05/06/1564/februari-2019-tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-01-persen.html

Darmaji, D., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internalsekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(3), 130-136. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um025v3i32019p130

Fathoni, M. (2008). Peningkatan kualitas pendidikan melalui sistem penjaminan mutu (Studi multi situs di SD Al Falah Tropodo 2 Sidoarjo, SDIT Bina Insani Kediri, dan SDIT Al Hikmah Blitar) (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Negeri Malang, Indonesia.

Frangou, A. J. (1997). Towards a case-based intelligent system for competitive advantage (Unpublished doctoral dissertation). University of Portsmouth, United Kingdom.

Gustini, N., & Mauly, Y. (2019). Implementasi sistem penjaminan mutu internal dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Jurnal Isema: Islamic Education Management, 4(2). 229-244. Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/5695

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Petunjuk pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan oleh satuan pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2009). Peraturan Kementerian Pendidikan Nasional (Permendiknas) Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2009 Pasal 2 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.

Leba, U. T. I., & Padmomartono, S. (2014). Profesi kependidikan. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).

Nanang, F. (2012). Sistem penjaminan mutu pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qomar, M. (2010). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga

Patel, A. (1994). Quality assurance (BS 5750) in social services departments. International Journal of Public Sector Management, 7(2), 4-15. doi: https://doi.org/10.1108/09513559410055198

Putri, Z. D. (2020). Implementasi standar pengelolaan pendidikan SMK Negeri 1 Bengkalis. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2), 61-73. Retrieved from http://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/124/96

Pendidikan Menengah Umum. (1999). Peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah: Suatu. konsepsi otonomi sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Presiden Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah (PP) tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan.

pwmu.co. (2017, Desember 15). Hasil lengkap akreditasi sekolah SMA/MA dan SMK se-Jawa Timur 2017. Retrieved from https://pwmu.co/45651/12/15/hasil-lengkap-akreditasi-sekolah-sma-ma-dan-smk-se-jawa-timur-2017/

Sodiq, R., & Haryana, K. (2017). Evaluasi penjaminan mutu pendidikan Di SMK Negeri 1 Magelang. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 18(2), 111-121. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/otomotif-s1/article/view/10131/9695

Rahmah, U. (2018). The Implementasi Total Quality Management (TQM) di SD Al-Hikmah Surabaya. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111-131. doi: https://doi.org/10.14421/manageria.2018.31-06

Ridwan, A. (2015). Penjaminan mutu sekolah. PT Bumi Aksara.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 206–218. Retrieved from http://www.iptek.its.ac.id/index.php/jsh/article/download/619/341

Sallis, E. (2008). TQM in higher education. Kogan Page.

Sallis, E. (2010). Manajemen mutu terpadu pendidikan: Peran strategis pendidikan di era globalisasi modern. (Ahmad Ali Riyadi & Fahrurrozi Trans.). Yogyakarta: IRCiSoD.

Sarmono, A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Penerapan manajemen mutu terpadu pada sistem penjaminan mutu pendidikan internal. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 38–51. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/7739/5230

Sukaryanti, B. (2020). Manajemen sekolah model sistem penjaminan mutu internal di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 2(3), 362-371. doi: https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6739

Sulaiman, A., & Wibowo, U. B. (2016). Implementasi sistem penjaminan mutu internal sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 17–32. doi: https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8197

Sutikno, T. A. (2014). Manajemen strategik pendidikan kejuruan dalam menghadapi persaingan mutu. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 36(1). doi: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v36i1.4073

Wahyuni, R. R. W., & Murtadlo, M. (2019). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/29153/26696

Veithzal, R., & Murni, S. (2009). Education management: Analisis teori dan praktik. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.31288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats