Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah

Meila Hayudiyani, Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Bagus Rachmad Saputra, Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Maulana Amirul Adha, Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Nova Syafira Ariyanti, Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Layanan pendidikan diukur melalui kualitas pendidikan yang diselenggara-kan di sekolah. Kualitas mutu sekolah dijabarkan pada program-program pembelajaran yang menjadi brand untuk ditawarkan kepada masyarakat sebagai pengguna jasa layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah melalui program-program ung-gulan sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMA Kristen Kalam Kudus Surakarta yang menerapkan program unggulan berbasis kerohanian, pem-belajaran, dan life skill atau kecakapan hidup. Metode penelitian adalah kualitatif, penelitian dilakukan dengan wawancara kepala sekolah dan guru, kemudian pengamatan langsung atau observasi, dan studi dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dikumpulkan dan dicatat dalam bentuk catatan lapangan dan transkrip wawancara sebelum direduksi dan disajikan. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa program unggulan sekolah dapat memberikan dampak pada peningkatan mutu pendidikan.

 

Abstract

Education services are measured through the quality of education held in schools. The quality of schools is described in learning programs that become brands to be offered to the community as users of educational services provided by schools. This study aims to describe the principal's strategy in improving the quality of education in schools through excellent programs in schools. This research was conducted at the Kalam Kudus Christian High School Surakarta which implemented a superior program based on spirituality, learning, and life skills. The research method is qualitative, research is conducted by interviewing principals and teachers, then direct observation or observation, and documentation studies. Then the data obtained is collected and recorded in the form of field notes and interview transcripts before they are reduced and presented. The results of the study found that the school leading programs have an impact on improving the quality of education.


Keywords


Strategi; kepala sekolah; peningkatan mutu; program unggulan; strategy; principal; quality improvement; superior program

Full Text:

PDF

References


Amirin, T. M. (2012). Implementasi pendekatan pendidikan multikultural kontekstual berbasis kearifan lokal di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1(1), 1-16. doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1047

Anwar, S. (2001). Pemikiran keagamaan Joachim Wach dalam perspektif filsafat ilmu Al-Gazali. Al Qalam, 18(88-89), 165-188. doi: https://doi.org/10.32678/alqalam.v18i88-89.1459

Asriati, N. (2012). Mengembangkan karakter peserta didik berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran di sekolah. Jurnal Pedidikan Sosiologi dan Humaniora, 3(2), 106-119. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/3663

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240. doi: https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295

Hamzah, H. (2013). Manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 151-175. doi: https://doi.org/10.24239/jsi.v10i1.23.151-175

Kurniawan, F. H., Istiningrum, R., & Nuha, S. A. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berorientasi kecakapan hidup pada materi sistem indera manusia untuk siswa SMA kelas XI. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(2), 338-341. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p338

Kusumaningrum, Y. D. (2014). Peran guru dalam membentuk karakter kepemimpinan pada peserta didik di SMA Al Hikmah Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 190-200. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/7739

Mahardhani, A. J. (2015). Kepemimpinan ideal kepala sekolah. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 1-4. doi: https://doi.org/10.24269/dpp.v3i2.82

Mukminan, M. (2014, November). Tantangan pendidikan di abad 21. In Seminar Nasional Teknologi Pendidikan: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia.

Navy, A. (2013). Manajemen sumber belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran sains (Studi kasus di Pratomseksa (SD) Sassanasuksa Thailand). Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4), 388-395. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4148

Rahmawati, R. (2014). Peranan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di lingkungan sekolah (Unpublished bachelor thesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia.

Ruyadi, Y. (2010, November). Model pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal: Penelitian terhadap masyarakat adat kampung Benda Kerep, Cirebon, Provinsi Jawa Barat untuk pengembangan pendidikan karakter di sekolah. In Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education: Join Conference UPI & UPSI, Bandung, Indonesia.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206-218. Retrieved from http://www.iptek.its.ac.id/index.php/jsh/article/download/619/341

Sugiarto, E. (2015). Menyusun proposal penelitian kualitatif. Yogyakarta: Suaka Media.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st-century skills: Learning for life in our times. US: Jossey Bass.

Ulum, M. (2017). Strategi peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan pasca penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 69-91. doi: http://doi.org/10.2317/jpis.v27i1.5122

Wicaksana, E. J., Fitrihidajati, H., & Kuntjoro, S. (2015, November). Analisis kebutuhan pembelajaran berorientasi kecakapan hidup (life skill) melalui pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Atas. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan UNS 2015. Universitas Sebelas Maret, Indonesia.

Yudi, A. A. (2012). Pengembangan mutu pendidikan ditinjau dari segi sarana dan prasarana (Sarana dan prasarana PPLP). Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 1-9. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/csp/article/view/702




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats