Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Latambaga, Kolaka

Rahmad Rafid, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
Agus Tinus, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Tenaga Pendidik, faktor yang mempengaruhi dan upaya yang dilakukan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik kualitatif dengan jenis deksriptif yang bertempat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Kinerja Kepala Sekolah secara umum sudah menunjukan kinerja yang baik dan optimal serta memenuhi standar dan indikator yang telah ditetapkan. Hal ini dijelaskan dalam “rencana kerja sekolah (RKS)” sebagai perencanaan Kepala Sekolah dalam menjalankan program kerja dan meningkatkan tenaga pendidik di sekolah. 2) Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik diantaranya kondisi geografis sekolah, tenaga pendidik yang mengajar tidak sesuai latar belakang pendidikan, dan lingkungan yang kondusif. 3) Kepala Sekolah telah melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan mutu Tenaga Pendidik melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan dan program sekolah seperti supervisi, musyawarah guru matapelajaran (MGMP), evaluasi diri (EDS), In House Training (IHT) dan kegiatan kewirausahaan yang diperuntukan bagi tenaga pendidik dan siswa. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah telah melakukan tugasnya secara optimal dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik melalui kegiatan-kegiatan penunjang peningkatan mutu tenaga pendidik dan berdasarkan pada standar nasional pendidikan.

Keywords


Kinerja Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan; Tenaga Pendidik

Full Text:

PDF

References


Hadis, A., & Nurhayati. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Abdullah. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan . Yogyakarta: Aswaja Press Indonesia.

Alwildayanto, A. (2014). Kepemimpinan Pendidikan dalam Pengembangan Budaya Mutu (Principal Leadership Quality Culture). Yogyakarta: DeePublish.

Elger, D. (2007). Theory of Performance. Faculty Develpment Series.

Hermawan, B (2017). Strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kumai. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis Second Edition.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nagoba, B. S., & Mantri, S. B. (2015). Role of Teachers in Quality Enhancement in Higher Education. Journal of Krishna Institute of Medical Sciences University 4(1), 177-182

Nurhayati, A., & Sagoro, E. M. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru dan Ketersediaan Sarana Prasarana Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi Akuntansi. Kajian Pendidikan Akutansi Indonesia, 6(6), 1–14.

Nurmawati, N. K. Y., & Mandra, I. W. (2018). Peranan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu dan kompetensi guru agama Hindu di Sekolah dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2).

Pramono, H. (2012). Pengaruh Sistem Pembinaan Sarana Prasarana dan Pendidikan Latihan terhadap Kompetensi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan 29(1), 7–16.

Ramdhani, N., Ancok, D., Swasono, Y., & Suryanto, P. (2012). Teacher Quality Improvement Program : Empowering teachers to increasing a quality of Indonesian’s education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69 (Iceepsy), 1836–1841. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.134

Rosita, R. (2016). Usaha Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam (Studi Kasus di MTS AL-INAYAH Bandung). Tarbawy, 3, 75–89.

Sallis, E. (2011). Total Quality Management In Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.28012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats