Peningkatan Mutu Sekolah melalui Manajemen Hubungan Masyarakat

Rachmat Satria, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Achmad Supriyanto, (ID Scopus: 57203514160) Universitas Negeri Malang, Indonesia
Agus Timan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Maulana Amirul Adha, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan, (1) manajemen hubungan masyarakat dengan sekolah, (2) prosedur operasional hubungan masyarakat di sekolah, dan (3) peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualititatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMPN 15 Malang. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini yakni (1) manajemen hubungan masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah secara internal maupun eksternal meliputi dimensi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pihak sekolah dalam merancang program-program sekolah, (2) prosedur operasional hubungan masyarakat di sekolah meliputi pertemuan kepala sekolah dengan komite dan masyarakat dalam mensosialisasikan citra sekolah serta pengadaan infrastruktur sarana dan prasarana pendidikan, pertemuan unsur sekolah dengan orang tua peserta didik untuk pengambilan buku raport siswa, mengatur strategi hubungan kerjasama unsur sekolah seperti; perkemahan, gotong royong, visit school, serta kegiatan perlombaan, dan mengatur koordinasi hubungan kerjasama antar lembaga pendidikan terhadap feedback penyelenggaraan program kerja sekolah, dan (3) peran pemimpin sekolah yakni dengan mengaplikasikan konsep manajemen pendidikan, serta monitoring pada setiap aspek komponen manajemen pendidikan di sekolah.


Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah; Manajemen Hubungan Masyarakat; Mutu Sekolah

Full Text:

PDF

References


Adha, M. A., Benyamin, C., Octaviarnis, I., & Thalib, D. (2019). Peran Akreditasi Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 270–278. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5780

Adil, C. (2018). School Principal’s Opinions about Public Relations Practices on Schools. International Journal of Progressive Education, 14(2), 136-147.

Ariyanti, N. S., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(4), 1–6. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/2489/1714

Asmi, E., & Sahuri, C. (2013). Pelayanan Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Kebijakan Publik, 4 (1), 51-56.

Ayu, I., & Septi, Y. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Melalui Pengembangan Program Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23 (5), 445-453.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 4th Edition. London: Sage Publication.

Dhuhani, E. M. (2016). Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Studi Kasus Di Madrasah Ibtidiyah Terpadu (MIT) As-Salam Ambon. Jurnal Al-Iltizam, 1 (1), 11-20.

Grace, R.A., & Harrington, S.Y. (2015). Our Children, Our School: Seeking Solutions for Improving the Climate in Urban Public Schools. Alabama Journal of Educational Leadership, 2 (1), 1-14.

Kowalski, T.J. (2011). Public Relations in Schools (5th Edition). London: Pearson.

Lemahieu, P.G., Grunow, A., Baker, L., Nordstrum, L.E., & Gomes, L.M. (2017). Networked Improvement Communities: The Disciplines of Improvement Science Meets The Power of Network. Quality Assurance in Education, 25 (1), 5-25.

Mujito., & Satiningsih. (2006). Strategi Peningkatan Motivasi Kinerja Guru. Yogyakarta: Multi Presindo.

Murniati. (2008). Manajemen Stratejik: Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Nasution, Z. (2010). Manajemen Humas Di Lembaga Pendidikan. Malang: UMM Press.

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Rubinstein, S.A., & McCarthy. (2014). Teachers Union and Management Partnership: How Working Together Improving Student Achievement. Washington DC: Center for American Progress.

Ruslan, R. (2007). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Strunk, K.O., Marsh, J.A., Bush-Mecenas, S.C., & Duque, M.R. (2016). The Best Laid Plans: An Examination of School Plan Quality and Implementation in a School Improvement Initiative. Educational Administration Quarterly, 52 (2), 259-309.

Suryosubroto, B. (2012). Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat (School Public Relation). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sutrisno., & Rusdi, M. (2007). Analisis Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3 (1), 25-31.

Tianping, Y. (2003). On The Development of Schools External Public Relation in China. International Journal of Leadership in Education, 6 (2), 185-191.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.26018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats