Pengaruh Manajemen Diri dengan Kinerja Guru Raudhatul Athfal (RA) Berprestasi di Yogyakarta

Fu`ad Arif Noor, STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
Sutrisno Sutrisno, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Siti Fatonah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh manajemen diri dengan kinerja guru RA berprestasi di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan psikologis yang dilakukan langsung kepada subjek yang diteliti, guna memperoleh semua data yang berkaitan dengan manajemen diri guru berprestasi sehingga dalam pengembangan diri menjadi guru teladan bagi sesama guru. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data meliputi mereduksi data, menyajikan, menarik kesimpulan dan menverifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Penelitian berhasil mengungkapkan pengaruh manajemen diri guru RA berprestasi di Yogyakarta terhadap kinerjanya mengambil perananlebihdibanding dengan fungsimanajemen itu sendiri, bagi guru RA berprestasi yang disiapkan awalnya mempelajari juknis terlebih dahulu sampai bener-benar memahami point-pointnya, untuk portofolionya (mencatat dan mencari dokumen sesuai yang dibutuhkan), kemudian dikumpulkan. Setelah yakin dengan fortofolionya, baru beralih membuat karya ilmiah. Pengorganisasian bagi guru RA berprestasi yang dilakukan: sesudah data terkumpul baru disusun laporan dan membuat power pointnya, ketika presentasi menggunakan bahasa asing (Inggris atau Arab). Dengan menggunakan struktur inisasi dan konsiderasi yang mengarahkepada persahabatan,saling percaya menghargai,mempercayai,serta adanya hubunganharmonis dan hangat. Pengawasan yang dilakukan oleh guru RA berprestasi dengan cara mengevaluasi diri dengan melihat output yang diterima juga dari apa-apa yang telah diajarkan. Apakah anak-anak nyaman dan senang saat diajar. Begitu juga saat berinteraksi dengan guru yg lain, tidak ada perubahan baik sebelum dan sesudah menjadi guru berprestasi, justru malah menambah motivasi untuk memaksimalkan kemampuan dengan terus belajar dan menggali informasi serta inovasi dalam mengajar.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh manajemen diri dengan kinerja guru RA
berprestasi di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif dengan pendekatan psikologis yang dilakukan langsung kepada subjek yang diteliti,
guna memperoleh semua data yang berkaitan dengan manajemen diri guru berprestasi sehingga
dalam pengembangan diri menjadi guru teladan bagi sesama guru. Pengumpulan data
menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data meliputi
mereduksi data, menyajikan, menarik kesimpulan dan menverifikasi. Uji keabsahan data
dilakukan dengan teknik triangulasi. Penelitian berhasil mengungkapkan pengaruh manajemen
diri guru RA berprestasi di Yogyakarta terhadap kinerjanya mengambil peranan lebih dibanding
dengan fungsi manajemen itu sendiri, bagi guru RA berprestasi yang disiapkan awalnya
mempelajari juknis terlebih dahulu sampai bener-benar memahami point-pointnya, untuk
portofolionya (mencatat dan mencari dokumen sesuai yang dibutuhkan), kemudian
dikumpulkan. Setelah yakin dengan fortofolionya, baru beralih membuat karya ilmiah.
Pengorganisasian bagi guru RA berprestasi yang dilakukan: sesudah data terkumpul baru
disusun laporan dan membuat power pointnya, ketika presentasi menggunakan bahasa asing
(Inggris atau Arab). Dengan menggunakan struktur inisasi dan konsiderasi yang mengarah
kepada persahabatan, saling percaya menghargai, mempercayai, serta adanya hubungan
harmonis dan hangat. Pengawasan yang dilakukan oleh guru RA berprestasi dengan cara
mengevaluasi diri dengan melihat output yang diterima juga dari apa-apa yang telah diajarkan.
Apakah anak-anak nyaman dan senang saat diajar. Begitu juga saat berinteraksi dengan guru
yg lain, tidak ada perubahan baik sebelum dan sesudah menjadi guru berprestasi, justru malah
menambah motivasi untuk memaksimalkan kemampuan dengan terus belajar dan menggali
informasi serta inovasi dalam mengaja


Keywords


Pengaruh Manajemen Diri, Kinerja Guru RA Berprestasi

Full Text:

PDF

References


Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, A., & Rahani, H. M. (1991). Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi., & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional; Instrumen Pembinaan Peningkatan dan Penilaian. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rengginas, D. R. P. (2005). Peran Manajemen Diri dan Kematangan Emosi dengan Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Fakultas Sekolah Pascasarjana Fakultas Psikologi UGM.

Danim, S. (2003). Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Douglass, M. E., & Douglass, D. N. (1993). Manage Your Time, Your Work, Your Self. New York: Amacom.

Handoko, T. H. (2012). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Jawwad, A. A. (2007). Manajemen Diri. Bandung: Syamil Cipta Media.

Kadarman., & Udaya, J. (1995). Pengantar Ilmu Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kishore, N., (2011). Job Satisfaction of B. ED. Teacher Educators. India: Discovery Publishing House PVT.LTD.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2016). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Manullang, M. (2005). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Muchtarom, Z. (1997). Dasar-dasar Manajemen Dakwah. Yogyakarta: Al-Amin dan Ikfa.

Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Prijosaksono, A. (2003). Self Management Series. Jakarta: Gramedia.

Saefullah, U. (2014). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung; Pustaka Setia.

Siagian, S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Soedjadi, F.X. (1995). O & M (Organization and methods) Penunjang Keberhasilan Proses Manajemen. Jakarta: Haji Masgung.

Stoner, J. A. F. (1996). Manajemen. Jakarta: Prenhallindo.

Winardi. (2000). Asas-asas Manajemen. Bandung: Mandar Maju.

Wirojoedo, S. (1985). Teori Perencanaan Pendidikan. Yogyakarta: Liberty.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v7i2.24539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats