PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR GURU SD

Ngadimin Ngadimin, SDN Ngrenak
Wuradji Wuradji, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, ditinjau dari persepsi guru, motivasi kerja guru dan kedisiplinan  guru terhadap pengembangan karir guru SD se kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif jenis non eksperimental, yang terdiri atas tahap perencanaan dan penyusunan proposal, validasi instrumen, uji coba instrumen, pengambilan data penelitian, pengolahan hasil data dari lapangan dan penyusunan laporan hasil penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru-guru di lingkungan UPT Yandik kecamatan Godean, guru yang terlibat dalam penelitian ini adalah 198 otrang. Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berada pada posisi kategori tinggi dengan rata-rata 3,44; motivasi kerja guru 3,20; kedisiplinan guru 3,34 dan pengembangan karir guru adalah 2,94. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah memberi pengaruh  signifikan 18,1% (adjusted r2 = 18,1) dan (p<0,05) terhadap pengembangan karir, motivasi kerja guru memberi pengaruh signifikan sebesar 7,9% (adjusted r2 = 0,079) dan (p<0,05), terhadap pengembangan karir, dan  kedisiplinan guru berpengaruh signifikan sebesar 8,2% (adjusted r2 = 0,082) dan (p<0,05), terhadap pengembangan karir guru sekolah dasar. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru dan kedisiplinan guru berpengaruh signifikan sebesar 24,8% (adjusted R2) sebesar 0,248 dengan F 19,955 (p<0,05) terhadap pengembangan karir guru SD se-Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kata kunci: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, kedisiplinan guru dan pengembangan karir  guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats