PENGARUH PENERAPAN MBS, PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SD/MI

Gunawan Eko Waluyo, SDN Muncar 02
Samsul Hadi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan manajemen berbasis sekolah, pengelolaan pembelajaran  dan partisipasi komite sekolah secara parsial maupun bersama-sama terhadap mutu pendidikan SD/MI di kecamatan limpung kabupaten batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh SD/MI baik negeri maupun swasta di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang yang berjumlah 40 SD/MI dengan sampel sejumlah 36, menggunakan teknik kluster (cluster random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada guru dan kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan MBS (r2 = 35,1%), pengelolaan pembelajaran (r2= 11,1%) dan partisipasi komite sekolah (r2= 40,1%) terhadap mutu pendidikan SD/MI di kecamatan Limpung kabupaten Batang, dan secara bersama-sama berpengaruh 58,9%.

Kata Kunci: manajemen berbasis sekolah, pengelolaan pembelajaran, komite sekolah, mutu pendidikan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats