Evaluasi kegiatan kelompok kerja guru di Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap

Fahmi Lathif, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Slamet Slamet, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan Kelompok Kerja Guru yaitu memberikan informasi seberapa memadai input, proses, dan output kegiatan KKG Guru Kelas di Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP yang difokus pada tiga aspek yaitu input, proses, dan output. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumen. Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil evaluasi input menunjukkan pelaksanaan kegiatan KKG Guru Kelas dalam kategori memadai dengan mean terendah pada aspek sarana dan prasarana, serta materi kegiatan KKG. Hasil evaluasi proses menunjukkan pelaksanaan kegiatan KKG Guru Kelas dalam kategori efektif dengan mean terendah pada aspek seminar, lokakarya dan diskusi panel, serta peer coaching. Hasil evaluasi output menunjukkan pelaksanaan kegiatan KKG Guru Kelas dalam kategori baik  dengan mean terendah pada aspek meningkatnya kompetensi guru, dan meningkatnya pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kinerja guru dalam pembelajaran.

 

An evaluation of the activities of teachers working group in Cipari Cilacap District

 

Abstract

This study aimed to evaluate the Teacher Working Group activities by providing information on how adequate input, process, and output is for classroom teacher TWG activities in Cipari, Cilacap District. This research was an evaluation research with the CIPP model focused on three aspects, input, process, and output. Data were collected through observation, interview, questionnaire, and document. Data analysis of the research was carried out with quantitative descriptive analysis technique. The results of the evaluation of input for the implementation of the TWG Teacher Class activities show that it is in an adequate category with the lowest mean on the facilities and infrastructure, and the teacher working group program material. The results of the evaluation of the process of implementing the TWG Teacher Class activities show that it is in an effectiveness category with the lowest mean was in seminars, workshops and panel discussions, and peer coaching. The results of evaluating the output of the TWG Teacher Class activities show that it is in a good category with the lowest mean on increasing teacher competency, and increasing knowledge, skills, attitudes, and performance teacher in learning.


Keywords


evaluasi, kelompok kerja guru; evaluation; teacher working group

Full Text:

PDF

References


Alfina, A., & Hanum, F. (2014). Keefektifan manajemen kelompok kerja guru taman kanak-kanak gugus I TK Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2405

Bupati Cilacap. (2008). Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 2 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Pendidikan yang Bebas Korupsi, Kolusi, Nepotisme di Kabupaten Cilacap.

Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap. (2012). Rencana strategis dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga Kabupaten Cilacap Tahun 2012-217. Cilacap: Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap.

Direktorat Profesi Pendidik Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2008). Standar pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Legarano, H. A. A., Candiasa, I. M., & Natajaya, I. N. (2014). Evaluasi pelaksanaan kegiatan KKG SD gugus II Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1). Retrieved from http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1249

Musfah, J. (2018). Manajemen pendidikan aplikasi, strategi, dan inovasi. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (2005). Jakarta.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (2014).

Sopiyana, M., & Sugiyono, S. (2015). Efektivitas kinerja musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 241–249. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6340

Stufflebeam, D. L., Madaus, G. F., & Kellaghan, T. (Eds.). (2002). Evaluation models. Viewpoints on educational and human services evaluation (Vol. 49). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6

Suhartanto, J. (2012). Peer coaching. Bangkapos.Com. Retrieved from http://bangka.tribunnews.com/2012/05/22/peer-coaching

Sukeksi, N. (2015). Evaluasi pelaksanaan kegiatan bermutu terkait dengan delapan indikator keberhasilan dalam meningakatkan kompetensi guru di KKG/MGMP propinsi jawa tengah. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Suprijanto, E., & Arikunto, S. (2016). Efektivitas pengelolaan kegiatan kelompok kerja guru (KKG) di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 141. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12914

Thoha, M. C. (1991). Teknik evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.

Wartoni, & Kartowagiran, B. (2013). Evaluasi keefektifan kelompok kerja guru (KKG) pada program bermutu di Kabupaten Batang Jawa Tengah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1(1). Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep/article/view/53




DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.24124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats