IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 1 DAN MTs AL-QASIMIYAH KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN

Ramli Ramli, Dinas Pendidikan Kab. Pelalawan
Wiwik Wijayanti, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 1 dan MTs Al-Qasimiyah Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dianalisis secara kualitatif menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Pendidikan karakter di SMP Negeri 1 dan MTs Al-Qasimiyah  Pangkalan Kuras dilaksana-kan melalui pengintegrasiannya ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri, budaya sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan perbedaannya, di MTs Al-Qasimiyah lebih menitikberatkan pendidikan keagamaan. 2) Faktor penghambat: a) masih ada guru yang belum melaksanakan pendidikan karakter karena kurangnya sosialisasi dan pelatihan; b) masih ada guru yang belum memberikan keteladanan sedangkan di MTs Al-Qasimiyah telah mencerminkan keteladanan yang baik.; c) masih ada orang tua siswa yang kurang peduli terhadap pendidikan anaknya di sekolah terutama siswa yang melanggar tata tertib maupun aturan-aturan sosial.

Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats