ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN SEKOLAH LUKMANULHAKEEM YALA THAILAND

Muyahed Hiley,
Soenarto Soenarto, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pengembangan sekolah Lukma-nulhakeem Yala, Thailand meliputi: perencanaan kebijakan, implementasi kebijakan, hasil kebijakan, dan dampak kebijakan agar diperoleh kebijakan pengembangan sekolah yang berdampak efektif. Analisis kebijakan pengembangan sekolah ini meneliti implementasi kebijakan yang dilihat dari input, dan proses, policy outcome yang dilihat dari hasil, dan dampak yang terkait dengan pengembangan sekolah. Sumber informasi adalah manajer sekolah, kepala sekolah, dua pengurus yayasan, 10 orang guru termasuk lima orang tenaga administrasi sekolah Lukmanulhakeem Yala, Thailand. Pengumpulan data dilakukan mela-lui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumen dan laporan. Data yang diperoleh adalah data utama melalui interaksi sosial. Data yang diperoleh adalah dari dokumen-dokumen dan tanggapan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan dampak kebijakan dari warga sekolah dan Yayasan Lukmanulhakeem Yala. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) peren-canaan kebijakan  pengembangan sekolah belum efektif, 2) berbagai input pengembangan sekolah sudah mencukupi kebutuhan warga sekolah, 3) pelaksanaan kebijakan sekolah ter-kendala karena kebijakan yang tidak komprehensif, 4) outcome kebijakan berdampak negatif sehingga sekolah tidak mengembangkan sesuai kapabilitas yang dimiliki.

Kata kunci: kebijakan  pengembangan, perencanaan, pelaksanaan, hasil kebijakan, dan dampak dari kebijakan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats