Manajemen layanan perpustakaan universitas pascaunifikasi perguruan tinggi di perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Moh Rifa'i, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Indonesia
Muhammad Fahrizal Amin, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen layanan perpustakaan universitas di perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang diterapkan adalah model Miles dan Huberman dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Dengan uji keabsahan data melalui kredibilitas dengan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini berfokus pada keadaan sebenarnya yang terjadi di perpustakaan Universitas Nurul Jadid setelah unifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perpustakaan Universitas Nurul Jadid masih pada taraf perpustakaan berkembang diukur berdasarkan visi dan misinya. Perencanaan perpustakaan Universitas Nurul Jadid sudah memadai secara prosedur dan syarat pembuatan visi dan misi. Pengorganisasian masih belum berstandar perpustakaan universitas karena SDM tidak lulusan linear dan belum tersertifikasi. Pelaksanaan masih ditemukan kendala sarana prasarana. Sedangkan pengawasan belum maksimal karena tidak dilakukan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

 

Post unification university library services management in the library of Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

 

Abstract

This research is aimed to describe university library service management in the library of Nurul Jadid University Paiton Probolinggo included planning, organizing, actuating and controlling. This study using descriptive qualitative method. Data collection technique is using depth interview, range observatory, and documentations. Technic of data analysis is using Miles and Huberman models; data reduction, data presentation, data conclusion, and verification. From data credibility taken from triangulation data source. This study focuses on the natural setting in the library at Nurul Jadid University after unification. The result of this study indicates that library Nurul Jadid University is still in developing library level based on its vision and mission. The planning of library Nurul Jadid University is already adequate in procedural and requisite. The organization is still not standardization university library because human resources of its library are not from the linear subject and still not certification. The actuating found constraints on facilities and infrastructures. While supervision is not maximal because it is not carried out according to the prescribed procedures.


Keywords


manajemen; layanan; perpustakaan universitas; management; service; university library

Full Text:

PDF

References


Asrohah, H. (2014). Manajemen mutu pendidikan. Surabaya: UINSA Press.

Chairunnisa, C. (2017). Metode penelitian ilmiah aplikasi dalam pendidikan dan sosisal. Jakarta: Mitra Wacana.

Faisal, S. (1990). Penelitian kualitatif; dasar-dasar dan aplikasi. Malang: YA3 Malang.

Hamiyah, N., & Jauhar, M. (2015). Pengantar manajemen pendidikan di sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hartono, H. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Istiana, P. (2014). Layanan perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Lasa, L. (2009). Manajemen perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media.

Lasa, L. (2017). Manajemen sumber daya manusia perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Mannulang, M. (1990). Dasar-dasar manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UI Press.

Napitupulu, W. P. (1967). Dimensi-dimensi pendidikan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Pamuntjak, S. R. (1976). Pedoman penyelenggaraan perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pangestu, P. (1976). Manajemen suatu pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soetminah, S. (1991). Perpustakaan kepustakawanan dan pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Sudarsana, U. B. (2014). Pembinaan minat baca (2nd ed.). Bandung: CV Pustaka Setia.

Suhaemin, S., & Arikunto, S. (2013). Manajemen perpustakaan di madrasah aliyah negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 252–268. https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2398

Sutarno, S. (2004). Manajemen perpustakaan. Jakarta: Samitra Media Utama.

Terry, G. R. (1993). Principles of management. Illinois: Learning System Compani.




DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats