Upaya peningkatan kompetensi guru berdasarkan system thinking

Fadhillah Fadhillah, Universitas Serambi Mekkah, Indonesia
Rugaiyah Rugaiyah, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Nurhattati Fuad, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Putry Julia, Universitas Serambi Mekkah, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan masalah mendasar yang menyebabkan uji kompetensi guru rendah beradasarkan berpikir sistem (system thinking) sehingga masalah mendasar tersebut dapat menjadi daya ungkit dalam penyelesaian masalah rendahnya kompetensi mutu dan kompetensi guru di Aceh. Pendekatan Kualitatif digunakan dalam penelitian ini, subjek penelitian terdiri dari guru Sekolah Dasar di Banda Aceh yang dipilih secara random, kepala sekolah dan dinas pendidikan kota. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan studi dokumentasi serta kajian literatur Neraca Pendidikan Daerah (NPD) dari tahun 2015 –2017, di hubungkan dengan beberapa hasil penelitian dan pernyataan tokoh-tokoh pendidikan serta pemerintah terkait masalah Uji Kompetensi Guru. Analisis dimulai dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga pilar dalam berpikir sistem sebagai daya ungkit dalam permasalahan rendahnya mutu dan kompetensi guru yaitu reinforcing berkaitan dengan peningkatan kapabilitas guru, balancing berkaitan dengan perubahan sistem proses rekruitmen guru, dan delaying berkaitan dengan politik dan politisasi pendidikan.

 

Improving teacher competence based on system thinking


Abstract

This study aims to find a fundamental problem that causes low teacher competency test based on system thinking so that the fundamental problem can be a leverage in solving the problem of low-quality competency and teacher competency in Aceh. The Qualitative approach was used in this study, the research subjects consisted of randomly selected elementary school teachers in Banda Aceh, the head of the school and the city education office. Data were collected through interviews, and documentation studies as well as a literature review of the Regional Education Balance (NPD) from 2015-2017, linked to several research results and statements from education and government figures regarding the issue of Teacher Competency Test. The analysis starts from data reduction, data display, and conclusion drawing/verification, the results of the study show that there are three pillars in system thinking as leverage in the problem of low quality and teacher competency, namely reinforcing with regard to increasing teacher capabilities, balancing in relation to changes in the recruitment system teacher, and delaying with regard to politics and the politicization of education.


Keywords


peningkatan kompetensi guru; system thinking; reinforcing; balancing; delaying; increasing teacher competency

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2018). Ini kata Laisani soal guru honorer tidak lulus UKG. Aceh Carong. Retrieved from https://acehcarong.com/2018/02/12/

Azhari, A. (2014). Upaya kepala madrasah dalam membina kompetensi Profesional Guru pada MAN Peusangan. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. Retrieved from http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=7281

Boyatzis, R. E. (1982). The compotent manager: amodel for effective performance. London: Wiley.

Boyatzis, R. E. (2008). Competencies in the 21st century. Journal of Management Development, 27(1), 5–12. https://doi.org/10.1108/02621710810840730

Bray, D. W., Campbell, R. J., & GRant, D. L. (1974). Formative years in business: a long term AT&T study of managerial lives. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Efendi, J. (2017). Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di SMA Negeri I Blang Pidie. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. Retrieved from http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=31146

Hoffmann, T. (1999). The meanings of competency. Journal of European Industrial Training, 23(6), 275–286. https://doi.org/10.1108/03090599910284650

Howard, A., & Bray, D. (1988). Managerial lives in transition: advancing age and changing times. New York: Guilford Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Neraca pendidikan daerah. Retrieved November 12, 2017, from https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg

Kotter, J. P. (1982). The general managers. New York: Free Press.

Luthans, F., Campbell, R. J., & Grant, D. L. (1974). Real managers. Cambridge, MA: Ballinger Press.

Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (2007).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: an expanded source book. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.

Nasruddin, N. (2014). Manajemen peningkatan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Jangka Kabupaten Bireun. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. Retrieved from http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show detail&id=7784

Novauli, F. (2015). Kompetensi guru dalam peningkatan prestasi belajar pada SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1). Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2524

Nurhayati, N. (2010). Manajemen mutu pendidikan. Bandung: Alfabet.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (2005). Jakarta.

Rahmatillah, Ruslan, & Hasan, H. (2017). Persepsi guru sekolah dasar terhadap pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) di Kabupaten Aceh Utara (suatu penelitian di Kecamatan Lhoksukon). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2). Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/4849

Ristiyani, R., & Wijayanti, W. (2014). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar Budi Mulia Dua Seturan, Depok, Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 217–232. https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2450

Rosita, R. (2015). Strategi kepalasekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada SD Negeri Unggul Montasik. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. Retrieved from http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show detail&id=13858

Senge, P. M. (1990). The fifth discipline: the art and practice of the learning organization. New York: Currency Doubleday, a division of Bantam Doubleday Dell Publishing Group, Inc.

Setiawan, S. (2018). Pengembangan kompetensi profesional guru oleh kepala madrasah melalui penelitian tindakan kelas pada MIN Garot Kabupaten Pidie. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. Retrieved from http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show detail&id=40265#

Susanti, A. (2015, November 4). Kesiapan guru hadapi UKG. OKENEWS. Retrieved from https://news.okezone.com/read/2015/11/04/65/1243523/kesiapan-guru-hadapi-ukg

Syakir, M. J., & Pardjono, P. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kompetensi guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 226–240. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6339

Woodruffe, C. (1992). What is meant by a competency. In R. Boam & P. Sparrow (Eds.), Desihning and Achieving Competency. Maindenhead: McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats