Manajemen pendidikan dalam membentuk karakter siswa SMP Tunas Bangsa Sunter

J. Julistiaty, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
R. Madhakomala, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
M. Matin, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Tunas Bangsa Sunter Jakarta Utara. Adapun tujuan  dari penelitian ini adalah memperoleh pemahaman mendalam Manajemen Pendidikan Karakter SMP Tunas Bangsa. Data yang dikumpulkan dari responden melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teori dan waktu. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan display data. Hasil temuan penelitian meliputi: (1) Perencanaan Pendidikan Karakter di Sekolah Tunas Bangsa, yang selaras dengan visi dan misi, dengan berfokus kepada karakter ketaatan dan penuh perhatian, Kepala sekolah dan timnya membuat program sekolah berbasis karakter; (2) Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter, semua program sekolah tersebut disosialisasikan melalui staff meeting, pekan informasi pembelajaran dengan orang tua siswa dan seluruh siswa di awal tahuan pembelajaran; 3) Pengawasan pelaksanaan Program Pendidikan Karakter, untuk memastikan semua kegiatan sekolah berjalan sesuai dengan perencanaan, visi, misi yang ada. Kepala sekolah harus memastikan dengan observasi kepada siswa dan guru dengan standard performa. Temuan mengarah pada rekomendasi untuk menerapkan pendidikan karakter dapat membentuk siswa untuk memiliki kepemimpinan, kemandirian, perilaku yang baik, tanggung jawab sendiri, rasa yang baik di masyarakat, kreatif dan inovatif, ini semua termasuk kepala sekolah, guru dan juga orang tua untuk terlibat agar dapat terlaksana dan tujuan tercapai.

Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan, pengawasan

 

EDUCATION MANAGEMENT IN FORMING STUDENT CHARACTER OF SMP TUNAS BANGSA SUNTER

Abstract

This research was carried out at SMP Tunas Bangsa Sunter, North Jakarta. The purpose of this study was to obtain an in-depth understanding of the Tunas Bangsa Middle School Character Management. Data collected from respondents through interviews, observation and documentation studies.The data were collected through participant observation using interview, observation, document study and recording. The data analysis and interpretation indicates that: 1)Planning of Character Education  in Tunas Bangsa School based on vision and mission, focusing in Attentive and obedience character, the headmaster and team made school programs based on character. 2) Actuating of Character Education, all school programs have to socialized through Staff Meeting, Information Day with parents and of course to all students in the new semester. 3) Controlling of Character Education to improve that all school activities would done according to planning, vision and mission. Headmaster has to ensure by observe teachers, students with standard of performance. The finding lead to the recommendation to apply character education could formed students to have leadership, independence, good behavior, self responsible, good sense in community, creative and innovative, these all includes headmaster, teachers and also parents to contribute their effort to make it happen.

Keywords: planning, actuating, controlling


Keywords


manajemen pendidikan karakter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.20618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats