PELATIHAN MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM

Wahyu Rusdiyanto, https://orcid.org/0000-0001-7983-4339; Google Scholar ID: wpSSY1AAAAAJ; Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Joko Kumoro, Universitas Negeri Yogyakarta
Yudit Ayu Respati, Universitas Negeri Yogyakarta
Chusnu Syarifa Diah Kusuma, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Program Pengabdian Masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan kelas pembelajaran daring menggunakan Google Classroom. Program Pengabdian Masyarakat dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan sosialisasi ini  diharapkan mampu mengatasi permasalahan guru dalam mengelola kelas pembelajaran daring mengingat pembelajaran daring masih akan dilaksanakan sampai keadaan pandemi covid-19 membaik. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi : 1)  metode ceramah, metode ceramah digunakan untuk memberikan penjelasan kepada peserta mengenai konsep, urgensi dan prinsip pembelajaran daring. 2) Tanya jawab, metode tanya jawab digunakan untuk mengenali persoalan-persoalan terkait dengan materi ceramah dan untuk  menjawab kesulitan yang dihadapi peserta dalam rencana pelaksanaan pembelajaran daring. 3) Praktik dan pendampingan pengelolaan kelas menggunakan Google Classroom. Kegiatan PPM telah dilaksanakan dengan baik serta telah memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan bagi peserta. Pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan adalah teori dan praktik mengenai pengelolaan pembelajaran daring menggunakan Google Classroom. Kegiatan PPM diikuti oleh 108 peserta di hari pertama dan 111 peserta di hari kedua. Junlah peserta (khalayak sasaran) melebihi dari target yang telah ditetapkan

Keywords


Pelatihan; pembelajaran daring; google classroom

Full Text:

PDF

References


Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., Riyanto, A. B., & Rochmah, E. (2017). Penerapan E-Learning sebagai Pendukung Adaptive Learning dan Peningkatan Kompetensi Siswa SMK di Kabupaten Bantul. Jurnal Taman Vokasi (V) 2, 170-182.

Hidayah, Fitri. (2012). Penerapan E-learning sebagai Media Pembelajaran mata Diklat Pemrograman Web Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK N 2 Pengasih. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta

Prasojo, L. D., & Wibowo, U. B. (2014). Model Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Web di SMA N 1 Bambanglipuro Kabupaten Bantul DIY. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan (2) 1, 58-69.

Referensi web:

https://jogja.tribunnews.com/2018/11/17/e-learning-disdik-kota-yogyakarta-mulai-2019-begini-tanggapan-anggota-dprd-kota-yogya

https://wartakota.tribunnews.com/2017/12/09/indonesia-menempati-urutan-ke-8-untuk-kebutuhan-e-learning

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/15/tahun-2018-metode-belajar-melalui-e-learning-di-indonesia-meningkat-pesat

https://www.covid19.go.id/




DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v27i1.73022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.