UPAYA MENGATASI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Endang Supartini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan kegiatan ini untuk membantu guru-gum Sekolah Dasar (SD) Jomblang II Kecamatan Brebeh,  dalam menghadapi anak-anak yang mengalami kesulitan belajar di kelasnya, agar prestasi belajarnya dapat   meningkat. Selain itu untuk merintis program pendidikan terpadu bagi anak berkelainan di sekolah dasar, dengan model kelas jauh.
Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama yaitu melatih guru untuk mampu mengidentifikasi siswa di kelasnya yang termasuk berkesulitan belajar dan melakukan tes intelligensi untuk mengetahui tingkat keeerdasannya. Tahap kedua, memberikan pelatihan pada guru SD tentang eara mengatasi kesulitan belajar siswa, dan tahap ketiga melakukan rintisan berdirinya pendidikan terpadu dengan model kelas jauh, yaitu bekerjasama dengan Sekolah Luar Biasa terdekat.
Hasilnya diketemukan  22 (dua puluh dua)  anak mengalami kesulitan belajar.  Setelah dites dengan tes intelligensi Raven temyata  50 % termasuk tunagrahita ringan,  13,6 % termasuk lamban belajar. 27,3 % termasuk normal, dan 9,7 % tingkat intelligensinya di atas normal. Dengan demikian kegiatan PPM ini perIu ditindak lanjuti sampai dengan tahap tiga.

Kata  kunci : Berkesulitan   belajar,  sekolah dasar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v3i2.5168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)