PEMBUATAN MESIN AYAKDENGAN PENGGERAK SENTRI FUGAL BEBAS UNTIJK INDUSTRI KECIL KOPI JAHE BUBUK

V Lilik Hariyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari program  vueer ini ialah untuk membantu pemeeahan masalah yang dihadapi
olei. industri keeil  UD ROSE KURNIA DALAM pekerjaan mengayak eampuran  kopi jahe bubuk yang produksinya. Dengan program vueer diharapkan pula meningkatkan produktifitas serta mutu dari kopi jahe.
Metode pelaksanaan vueer ini meliputi perancangan dan proses pembuatan mesin ayak. Proses reneangan meIiputi : (l)  Mendisain gambar reneana, (2) Reneana kebutuhan bahan, (3) Perhitungan rencana anggaran biaya pelaksanaan. Metode pelaksanaan meliputi : (1) Pembuatan mesin, (2) Teori dan eeramah, (3) Demonstrasi, (4) Uji eoba laboratorium dan lapangan, dan (4) Praktik pengoperasian mesin oleh karyawan industri mitra kerja.
Hasil Program berupa mesin ayak kopi jahe bubuk kerkerangka dari bahan besi siku 50 x
50 x 5 mm dan 30 x 30 x 3 mm, ukuran mesin total panjang 60 em, lebar 39 em, dan tinggi 100
em dengan kekuatan mesin motor listrik 0,5 HP berkapasitas putaran 1400 RPM, Berdasarkan perhitungan terdapat  perbedaan hasil pengayaan yang menggunakan messin pengayaka yang menggunakan mesin pengayak secara mekanik dengan ayakan manual dan tingkat efisiensi biaya sebesar 83,33 %. Keselamatan dapat diatasi dengan selalu melakukan urutan kerja dengan arahan Tim Pelaksana Kegiatan Program Vueer pada kegiatan demonstrasi pada saat penggunaan alat berlangsung. Kebisingan suara mesin dapat diatasi dengan memberikan  peredam dari bahan karet.



Kata kunci : Mesin ayak, kopi jahe, dan gerak sentrifugal.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v3i2.5164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)