PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMKN 2 WONOSARI MELALUI KARYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Lilik Hariyanto, UNY, Indonesia
Galeh Nur Indriatno Putra Pratama, UNY, Indonesia
Nur Hidayat, UNY, Indonesia
Dian Eksana Wibowo, UNY, Indonesia

Abstract


Kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berbasis kompetensi dalam rangka peningkatan kualitas lulusan siswa SMKN 2 Wonosari dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan guru produktif SMKN 2 Wonosari di bidang pengembangan instruksional, khususnya pengembangan instruksional melalui hasil penelitian tindakan kelas.

Metode kegiatan yang dipilih antara lain: metode ceramah, latihan mandiri terbimbing, pendampingan peserta, dan presentasi hasil. Langkah-langkah kegiatan terdiri atas: pembuatan materi, mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan, serta melakukan pelatihan serta drafting PTK. Kegiatan diselenggarakan di luar jam pembelajaran dan tidak mengganggu proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Pola evaluasi meliputi evaluasi selama proses pelatihan dan evaluasi hasil.

Hasil kegiatan antara lain: peserta pelatihan sebagian besar masih memerlukan pelatihan pengembangan lainnya, terutama untuk pengembangan penelitian tindakan kelas; terdapat penambahan pengetahuan dan keterampilan bagi guru-guru SMKN 2 Wonosari, terutama dalam implementasi penelitian tindakan kelas serta dapat digeneralisasikan pada kelas lain yang mempunyai karakteriktis sama.

Keywords


kompetensi, penelitian tindakan kelas, SMK



DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i2.31605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.