PENINGKATAN PRODUKTIFITAS KERAJINAN BERBAHAN BAKU SERAT ALAM DI KABUPATEN BANTUL DIY

Widarto Widarto, FT UNY

Abstract


Hasil analisis situasi yang ditemukan pada kebanyakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia adalah rendahnya daya dukung eksport. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dirancang untuk membantu UKM di Kab. Bantul, DI Yogyakarta mengatasi permasalahan yang ada. Kegiatan PPM ini dirancang selama tiga tahun. Pada tahun pertama, telah dilaksanakan kegiatan: (1) peningkatkan kapasitas dan kualitas produksi; (2) perbaikan manajemen produksi; (3) peningkatan keterampilan karyawan; dan (4) perbaikan mekanisme kerja. Hasilnya berupa: (1) terwujud satu unit mesin oven pengering dengan ukuran bangunan PxLxT= 5,5 x 4 x 3 m3 dan tersedia sebuah mesin potong karton (paper cutting machine) type DQ 201A, kapasitas 940 x 1000 x 120 mm; (2) terlaksana pelatihan manajemen produksi bagi seluruh karyawan sebanyak 17 orang; (3) terlaksana pelatihan maintenance mesin-mesin produksi bagi operator yang diikuti oleh 6 orang peserta; dan (4) terlaksana pelatihan motivasi kerja karyawan yang diikuti oleh 32 orang karyawan. Pada tahun kedua, telah dilaksanakan kegiatan: (1) pengadaan genset; (2) pembuatan instalasi pelapisan cairan pengawet; (3) pelatihan & pendampingan pembuatan pembukuan yang rapi; (4) penataan show room; (5) pembuatan website; (6) pelatihan dan pendampingan pemanfaatan internet; (7) pelatihan  dan pendampingan proses e-marketing; serta (8) pembuatan desain brosur & katalog produk. Dari kegiatan dua tahun yang sudah dilaksanakan, pada Iyan Handicraft: (1) terjadi peningkatan produktivitas sebesar 7,4%; (2) terjadi penambahan tenaga kerja 1 orang untuk bagian produksi; (3) mengalami peningkatan omset sebesar 9,5%; dan (4) mengalami peningkatan asset sebesar 4,8%. Sedangkan pada Anis Craft: (1) mengalami peningkatan produktivitas sebesar  10,9%; (2) mampu menambah tenaga kerja lepas 2 orang untuk kerja lembur; (3) mengalami peningkatan omset sekitar 10,4%; serta (4) mengalami peningkatan asset sebesar 5,3%.


Keywords


kerajinan, serat alam, Bantul

References


Aprilia Wijayanti. (2008). Dinamika Jaringan Sosial pada Industri Kerajinan Serat Alam di Desa Salamrejo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, Skripsi, FISE UNY: Yogyakarta

Harahap. A.S., Hariyuwanto & Bambang. SM. (2007). Bahan Ajar Anyaman Serat, Depdiknas: Jakarta

Sugito. (2008). Agel Bertahan di Tengah Perubahan, Kompas Edisi 5 Januari 2008

------------------. (2008). Studi Serat Alam dan Zat Warna Alami, www.chemical_ engineering.uii.ac.id. Diakses 5 Januari 2009.




DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i1.28796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.