Integrasi Nilai-Nilai Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas

Kiromim Baroroh,

Abstract


Persoalan korupsi merupakan tanggung jawab semua pihak, terlebih lembaga pendidikan formal di SMA. Pembelajaran ekonomi memiliki peluang yang berarti dalam membantu menciptakan budaya anti-korupsi dalam masyarakat. Pembelajaran  ekonomi diharapkan selain memberikan pengajaran kepada siswa agar dapat berlaku ekonomis, siswa diharapkan juga mampu berperilaku yang memegang etika bisnis mampu memberikan pembinaan kepada peserta didik untuk memiliki sikap kejujuran, mentaati peraturan, dapat menjaga amanah, baik di lingkungan sekolah, keluarga, dan sosialnya.

Nilai-nilai Anti korupsi dapat diintegrasikan dalam pembelajaran ekonomi di kelas. Integrasi dapat dilakukan ketika guru membuat silabus dan RPP, pelakasanaan pembelajaran sampai tahap evaluasi. Pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang berorientasi pada pendidikan anti korupsi, tidak hanya pada ranah kognitif, namun juga afektif dan psikomotorik.

 

Kata kunci: Nilai, Korupsi, Pembelajaan EkonomiSMA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/informasi.v1i1.4460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Kiromim Baroroh

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

           

 

 Creative Commons License

Informasi by http://journal.uny.ac.id/index.php/informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


View My Stats