Optimasi Penggunaan Fasad Berdasarkan Energi dalam Proses Perancangan Gedung Perkantoran di Surabaya

Muhamad Muhaqqy Fahmi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Jawa Timur, Indonesia
Fairuz Mutia, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Jawa Timur, Indonesia

Abstract


Bangunan komersial merupakan bangunan yang padat akan aktivitas dan tentunya menghabiskan banyak energi dalam operasionalnya. Hal ini diperkuat dengan adanya buku pedoman efisiensi energi serta benchmarking specific energy consumption terhadap gedung – gedung komersial di Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Oleh karena itu desain pasif dalam arsitektur dapat menjadi salah satu solusi. Pada studi ini akan dilakukan perhitungan energi dalam proses perancangan gedung perkantoran menggunakan Autodesk Green Building Studio (GBS), dengan membandingkan beberapa skenario penggunaan fasad yang berbeda. Metode yang digunakan dalam studi ini yakni dengan membuat tiga skenario. Dimana skenario F-1 menggunakan fasad dengan kaca yang dominan namun diberi window shade dan Double Skin Facade pada sisi selatan dan barat, F-2 menggunakan fasad dengan kaca yang dominan dan tanpa menggunakan window shade dan Double Skin Facade, F-3 menggunakan fasad dengan sedikit kaca dan bukaan serta tidak menggunakan window shade dan Double Skin Facade. Setiap skenario akan disimulasikan dan hasil pada Autodesk Green Building Studio (GBS) katagori energy use intensity (EUI) akan dibandingkan. Dari perbandingan ketiga skenario tersebut yang paling optimal dalam penggunaan energi adalah skenario penggunaan fasad F-1. pada simulasi gedung aktivitas inkubasi dan perkantoran di Surabaya menggunakan Autodesk Green Building Studio (GBS), gedung yang lebih dominan penggunaan kaca dan bukaan mempunyai efisiensi yang lebih baik dalam penggunaan energinya.

Keywords


Building Information Modeling (BIM); Desain Fasad; Gedung Kantor; Green Building Studio; Intensitas Konsumsi Energi

Full Text:

PDF

References


Alfian, W. O. (2018) “Pengaruh Fasad Terhadap Kinerja Energi Pendinginan Pada Kantor Pemerintah Di Surabaya.”

Alhamnovanda, S. et al. (2019) “Optimalisasi Penerapan Efesiensi Energi Pada Fasad,” (1979), hal. 1–5.

Balai Besar Teknologi Konversi Energi B2TKE-BPPT (2020) Benchmarking Specific Energy Consumption Di Bangunan Komersial. Tersedia pada: www.b2tke.bppt.go.id.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya (2019) KAJIAN INVENTARISASI GAS RUMAH KACA (GRK) KOTA SURABAYA TAHUN 2019, Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Surabaya.

Gunawan, B. et al. (2012) Buku Pedoman Energi Efisiensi untuk Desain Bangunan Gedung di Indonesia - 2 Pedoman Teknis Desain.

Gunawan, B. dkk (2012) Buku Pedoman Energi Efisiensi untuk Desain Bangunan Gedung di Indonesia - 1 Pengembang dan Pemilik Bangunan Gedung.

Liu, H. et al. (2017) “Life cycle energy consumption and greenhouse gas emissions analysis of natural gas-based distributed generation projects in China,” Energies, 10(10), hal. 1–14. doi: 10.3390/en10101515.

Samhuddin, Kadir, M. S. (2017) “Analisis Konsumsi Energi Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (KPKNL) Kendari,” ENTHALPY-Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin ANALISIS, 2(3), hal. 4. Tersedia pada: http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/sinergi/article/view/835.

Saputra, I. P. E. R. (2017) “PENERAPAN LIFE CYCLE ENERGY ANALYSIS (LCEA) UNTUK MENGURANGI DAMPAK LINGKUNGAN DARI KONSUMSI ENERGI DI HOTEL ALILA MANGGIS,” hal. 210093.

Untoro, J., Gusmedi, H. dan Purwasih, N. (2014) “Audit Energi dan Analisis Penghematan Konsumsi J.

Untoro, H. Gusmedi, dan N. Purwasih, ‘Audit Energi dan Analisis Penghematan Konsumsi Energi pada Sistem Peralatan Listrik di Gedung Pelayanan Unila.’si Energi pada Sistem Peralatan Listrik di Gedung Pelay,” ELECTRICIAN - Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, 8(02), hal. 93–104.




DOI: https://doi.org/10.21831/inersia.v18i1.48915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhamad Muhaqqy Fahmi, Fairuz Mutia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Publisher:                   Co-Publisher:

Indexed by:
 
  
 

Supported by:
Jurnal Ilmiah Magister Managemen
 

Social Media:


 Online (e-ISSN): 2528-388X  || Printed (p-ISSN): 0216-762X

Lisensi Creative Commons
INERSIA by https://journal.uny.ac.id/index.php/inersia/index was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.