Peningkatan Keterampilan Pembuatan Tas Melalui Model Pembelajaran Eksplisit

Laila Nurul Himmah, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan tata busana materi pembuatan tas pada anak tunagrahita ringan dengan menggunakan model pembelajaran eksplisit. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII SMPLB-C Negeri 1 Yogyakarta dengan jumlah dua peserta didik pada bulan Maret hingga April 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Analisis keberhasilan penelitian dilakukan secara individu, yaitu per aspek per anak karena perkembangan anak tunagrahita tidak dapat dibandingkan dengan anak lain melainkan perkembangan pada dirinya sendiri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar keterampilan tata busana materi pembuatan tas pada anak tunagrahita ringan kelas VII SMPLB-C Negeri 1 Yogyakarta yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran eksplisit.
Kata kunci: anak tunagrahita ringan, keterampilan tata busana, pembelajaran eksplisit

Keywords


anak tunagrahita ringan; keterampilan tata busana; pembelajaran eksplisit

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, N. (2012) Seluk-Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: JAVALITERA

Astati. (2011). Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset

Astati. (2011). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset

Jamaris, M. (2010). Orientasi Baru Dalam Psikologipendidikan. Jakarta: Yayasan Panamas Murni

Somantri, S . (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Refika Aditama

Syah, M. (2009). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana

Widati, S. (2011). Pembelajaran Kreatif Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Amanah Offset.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats