Perancangan identitas visual UMKM Batik Ciprat Giyanta Banjarnegara

Raden Hadapiningrani Kusumohendrarto, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia, Indonesia
Yanuar Maulana Fitriyandani, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia, Indonesia

Abstract


Batik merupakan budaya asli Indonesia yang masih dilestarikan, adanya banyak motif dan teknik yang tercipta hingga saat ini, salah satunya Batik Ciprat. Giyanta merupakan salah satu rumah produksi batik ciprat yang berlokasi di Banjarnegara, Giyanta mempunyai identitas visual yang masih kurang informatif dan menarikdalam bisnis batik sehingga kegiatan promosi masih belum dirasa maksimal karena identitas visual yang belum baik. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dan studi pustaka, kemudian akan menggunakan pencarian data melalui wawancara dan observasi lapangan dalam perancangan identitas visual, logo, serta media pendukung lainnya. Dengan terciptanya desain ini akan membuka peluang untuk meningkatkan nilai dan citra merek di benak masyarakat.

Keywords


Logo, Brand, Visual Identity, Batik Ciprat, UMKM

References


H. Mangundjaya, Wustari L. (2020). Pengembangan Organisasi: Diagnosis dan Intervensi. Surabaya: Jakad Media Publishing

Kusrianto, A., (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Musman, Asti & Ambar B. Arini. (2011). Batik Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: G-Media

Prawira, Darma Sulasmi. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Dirjen Dikti

Rustan, Surianto. (2013). Mendesain Logo. Yogyakarta: CV.Andi Offset. Jakarta: Gramedia

Sarwono, Jonathan. (2007). Metode Rizet untuk Desain Komunikasi Visual/Jonathan Sarwono dan Hary Lubis. Yogyakarta: ANDI.

Yeshin,​Tony.​(2004). Integrated​Marketing Communications, The Holistic Approach

Anwar, R. K., Hapsari, I. A., & Sinaga, D. (2018). Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan

Christian Arisandy, K. (2021). Perancangan Ulang Visual Branding Noir Coffee & Space Untuk Memperkuat Brand Identity Bisnis Model B2B.

Kusumohendarto, R. H. (2021). Perancangan Ulang Logo Desa Wisata Purwosari Sebagai Kesiapan Wajah Baru Destinasi Brand Setelah Pandemi Covid-19. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v3i1.73101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Raden Hadapiningrani Kusumohendrarto, Yanuar Maulana Fitriyandani


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: