Perancangan buku ilustrasi budaya suku Asmat Papua sebagai upaya pengenalan budaya lokal kepada anak

Nofria Doni Fitri, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia, Indonesia
Zophia Aprilia Veruschka, Sekolah Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia, Indonesia

Abstract


Asmat merupakan salah satu suku terbesar yang mendiami Papua. Suku Asmat terbagi menjadi dua wilayah pesisir dan pedalaman. Masyarakat Asmat cenderung menjadi nelayan atau pemburu. Namun selain kedua profesi tersebut, pemahat kayu sejati merupakan profesi lain dari suku ini. Keunikan dan nilai budaya yang tinggi pada seni ukir kayu suku ini sudah sangat terkenal. Namun perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan banyak masuknya budaya asing. Masuknya budaya asing ke Indonesia membawa pengaruh yang sangat cepat dalam berbagai lini kehidupan masyarakat. Oleh karena itu penting untuk memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada generasi ini agar mereka mengenal suku-suku yang ada di Indonesia, diperlukan sarana pendidikan sebagai upaya untuk memperkenalkan budaya suku-suku yang ada di Indonesia dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak, ilustrasi yang menarik. menarik dan menggugah. Alat edukasi yang digunakan adalah Buku Ilustrasi Budaya Suku Asmat.

Keywords


Ilustrasi, Buku, Kebudayaan, Suku Asmat, Papua

References


H. Mangundjaya, Wustari L. (2020). Pengembangan Organisasi: Diagnosis dan Intervensi. Surabaya: Jakad Media Publishing

Asrina Saman, D. H. (2023). Pola Asuh Orang Tua Milenial dalam Mendidik Anak Generasi

Fenny Fiona W, B. B. (2018). Perancangan Buku Cerita Ilustrasi Tentang ‘Kebiasaan Jorok Anak’ Untuk Usia 3-6 Tahun Dipadukan dengan Teknik Digital Imaging. Petra.

Linggasari, D. (2022). Realitas dibalik indahnya ukiran. Yogyakarta: Penerbit Kunci Ilmu

Lestari, S. D. (2010). Jelajah Budaya Suku Asmat. Jakarta : Multi Kreasi Satudelapan.

Luthfy, R. (2019). Merawat kebudayaan Asmat.

Pranata, A. (2020). Perancangan Ilustrasi Cerita Rakyat We Tadampali Untuk Siswa Sekolah Dasar. Eprints.

Pujiastuti, N. (2020). Suku Asmat . Solo: Pustaka Tiga Kelana.

Setiady, G. V. (2019). Perancangan Buku Ilustrasi Pedoman untuk Ilustrator Buku Cerita Anak. Digilib.

Wijaya, P. (2013). Perancangan Buku Ilustrasi Anak Berjudul Kerajaan Fantasi Indonesia Bertema Gotong Royong. Media Neliti.

A Izdiha, G. S. (2023). Dinamika Kedudukan, PeranDan Status Perempuan Suku Asmat Pendekatan Arena Kultural Pierre Bourdieu. Jural Ilmu Administrasi & Sosial, 153- 170. Alpha di Era Transformasi Digital. Jurnal Basicedu, 984-992.

Budiarto, G. (2022). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Jurnal Pamator, 50-56.

Kristianto, W. A. (2020). Peran Generasi Penerus Bangsa Dalam Mempertahankan Budaya Bangsa Indonesia (The Role of the Nation's Next Generation in Defending Indonesian Nation's Culture). Jurnal Unmas.

Marlina, N. (2021). Hubungan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Karanggayam. Jurnal Literasi.

Muhammad Yasir, S. (2021). Pendidikan Karakter Pada Generasi Alpha: Tanggung Jawab, Disiplin Dan Kerja Keras. Jurnal PKM, 309-317.

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual . Jurnal Alauddin.

R, H. (2021). Indigenous People, Local Belief, and Its Protection in Indonesia: Case of Asmat Tribe Belief, Law Research Review Quarterly. unnes, 257-268.

Shellika Firdhiana1, M. L. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Mengenal Jajanan Khas Kota Probolinggo sebagai Media Edukasi Anak Usia. Jurnal Barik .

Sukohedi, A. (2011). Analisa Arsitektur Tradisional Suku Asmat Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Jurnal Arsitektur dan Planologi.

Andari, N. (2022), Efek Budaya Asing Dan Iklan Mempengaruhi Gaya Konsumtif Terhadap Produk Kuliner Jepang. Prosiding Semnaskom - Unram.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v3i1.73100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nofria Doni Fitri, Zophia Aprilia Veruschka


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: